Ciptadana Targetkan Miliki 4 DIRE Tahun Ini

Bisnis.com,29 Jan 2019, 16:16 WIB
Penulis: Emanuel B. Caesario
Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) IGD Nyoman Yetna Setya (kedua dari kanan) memberikan cindera mata kepada Direktur Utama Ciptadana Asset Management Paula Rianty Komarudin usai pencatatan perdana DIRE Padjajaran di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (29/1/2019)./Bisnis-Emanuel B. Caesario

Bisnis.com, JAKARTA — PT Ciptadana Asset Management akan merilis dua produk Dana Investasi Real Estat (DIRE) lagi pada tahun ini, menyusul pencatatan DIRE Ciptadana Properti Perhotelan Padjajaran di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (29/1/2019).

Direktur Utama Ciptadana Asset Management Paula Rianty Komarudin mengatakan bahwa perseroan ingin banyak menerbitkan instrumen DIRE. Menurutnya, instrumen ini memiliki daya tarik yang unik karena sangat stabil.

“DIRE ini alternatif investasi yang defensif. Dalam kondisi market naik kencang, dia tidak naik sekencang yang lain, tetap di saat market turun, dia tidak seanjlok yang lain. Dia lebih stabil dengan rencana pembagian dividen yang sudah ditentukan setahun empat kali,” terangnya, Selasa (29/1).

Paula menyatakan perseroan akan lebih banyak menerbitkan DIRE pada tahun ini. Rencananya, bulan depan perseroan akan menerbitkan satu DIRE lagi, kali ini menggunakan aset dasar pergudangan.

Ada 9 gudang yang akan diakuisisi oleh DIRE yang dibentuk Ciptadana dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) sekitar Rp340 miliar. Proyeksi return atau dividen bersih per tahunnya akan mendekati 9%.

Kesembilan gudang tersebut merupakan milik sebuah grup korporasi yang masih enggan diungkapkan identitasnya.  Ini akan menjadi DIRE ketiga yang diterbitkan oleh Ciptadana Asset Management.

Selain itu, Ciptadana masih akan mempersiapkan satu DIRE lain untuk diterbitkan tahun ini juga. DIRE keempat ini akan kembali menggunakan aset dasar hotel, tetapi lokasi yang disasar bukan di Pulau Jawa, melainkan di Kalimantan atau Sulawesi. NAB DIRE ini ditargetkan berkisar Rp200 miliar.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini kami punya empat DIRE,” sebutnya.

Ciptadana Asset Management merupakan perusahaan manajemen aset pertama yang menerbitkan DIRE di dalam negeri, yakni DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia pada 2012. NAB produk ini sudah meningkat dari Rp400 miliar saat terbit menjadi sekitar Rp580 miliar.

Adapun DIRE Padjajaran memiliki NAB sebesar Rp105 miliar. DIRE ini baru dicatatkan di BEI dengan kode XCIS sebanyak 1,05 unit penyertaan dengan NAB per unit senilai Rp100,-.

Dividen yield DIRE ini mencapai 9,01% per tahun. Paula menerangkan tingkat dividen yield DIRE Padjajaran akan diusahakan untuk dapat dijaga minimal di level tersebut.

Saat ini, Hotel Padjajaran Suites yang menjadi aset dasar DIRE itu telah disewa oleh PT Kharita Sejahtera Bersama selama 10 tahun yang akan menjamin pembayaran dividen yield.

Ciptadana akan terus mengincar aset-aset perhotelan lain untuk ditambangkan ke dalam aset dasar DIRE Padjajaran, sembari tentu mencari investor baru. Saat dipasarkan, DIRE Padjajaran berhasil merangkul 104 investor ritel anggota koperasi yang berhasil dijaring dan diedukasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini