CTBC Indonesia Genjot Penyaluran Kredit Usaha Rakyat ke TKI di Taiwan

Bisnis.com,18 Feb 2019, 10:36 WIB
Penulis: Andi M. Arief
Compliance Director PT Bank CTBC Indonesia Tantina Repi (dari kiri), berbincang dengan Deputi Komisioner Pengaturan dan Pengawasan Terintegrasi Otoritas Jasa Keuangan Imansyah dan Direktur Institutional Banking CTBCI Liliana Tanadi di sela-sela Diskusi 2018 Economic Outlook - Global Opportunities & Domestic Challenges, di Jakarta, Kamis (12/10)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Chinatrust Indonesia (CTBC Indonesia) menargetkan dapat menguasai penyaluran kredit bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan. 

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus TKI sepanjang tahun lalu didominasi oleh para TKI di Taiwan. Penyaluran KUR TKI kepada para pekerja migran di Taiwan berkontribusi berkontribusi sebanyak 65,52% atau senilai Rp367 miliar kepada 19.275 debitur atau setara dengan 55,77% debitur KUR TKI. 

Adapun, CTBC Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam penyaluran KUR TKI pada tahun lalu setelah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. 

Corporate and Retail Banking Director CTBC Indonesia Liliana Tanadi mengatakan, perseroan menargetkan untuk dapat menguasai penyaluran KUR TKI Taiwan dalam beberapa tahun ke depan. Liliana mengklaim pernah menguasai penyaluran KUR TKI Taiwan sebesar 60% dari kuota yang diberikan pemerintah pada 2015. 

"2018 baru mulai lagi. Nah, ini pelan-pelan market share-nya kami naikkan lagi menjadi setidaknya 50%," jelasnya kepada Bisnis, belum lama ini. 

Liliana menambahkan, perseroan akan mengejar target tersebut dalam kurun waktu 2—3 tahun mendatang. Adapun, realisasi penyaluran KUR TKI perseroan tercatat sebesar 86% dari target yang ditentukan atau senilai Rp101 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farodilah Muqoddam
Terkini