Bantuan Laporan SPT Wilayah Riau Bisa Mendatangi 8 Kampus Ini

Bisnis.com,08 Mar 2019, 12:50 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Petugas melayani wajib pajak dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP) tahun 2016 di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur I, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/4)./Antara-Moch Asim

Bisnis.com, PEKANBARU - Kanwil DJP Riau menyediakan layanan asistensi atau pendampingan wajib pajak di delapan lokasi perguruan tinggi  setelah sebelumnya juga dibuka di area car free day (CFD) Pekanbaru.

Kepala Kanwil DJP Riau Edward Hamonangan Sianipar mengatakan pihaknya terus mendorong masyarakat luas khususnya wajib pajak untuk segera melaporkan SPT.

"Kami dorong wajib pajak untuk melaporkan SPT secara elektronik, tidak perlu lagi membawa berkas, cukup dengan mengakses djponline.pajak.go.id," katanya Jumat (8/3/2019).

Bagi masyarakat yang butuh pendampingan dalam proses pelaporan SPT itu, DJP Riau sudah menyiapkan delapan lokasi perguruan tinggi di Provinsi Riau yakni Universitas Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Riau, STIE Pelita Indonesia, STIE Persada Bunda, Universitas Lancang Kuning, Mal Pelayanan Publik Pekanbaru, dan STIE Tuah Negeri Kota Dumai.

Edward berharap dengan dibukanya delapan lokasi asistensi ini, kesadaran wajib pajak di Riau untuk melaporkan SPT dapat meningkat.

"Selain e-filing, ada juga layanan online lainnya dari DJP yaitu e-registration untuk mendaftar NPWP, e-billing untuk membayar pajak, dan e-faktur untuk penerbitan faktur bagi pengusaha kena pajak," katanya.

Adapun kepatuhan WP Riau melaporkan SPT tahun lalu sebesar 71,23%, dan ditargetkan tahun ini meningkat menjadi 85%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Akhirul Anwar
Terkini