Survei Konsepindo: Jokowi Kalah di Sumatra dan Kalangan Berpendidikan Tinggi

Bisnis.com,13 Mar 2019, 15:58 WIB
Penulis: Aziz Rahardyan
Petugas sortir dan lipat surat suara menunjukan surat suara yang terdapat kerutan di surat suara Pilpres, di Gudang Logistik KPU Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa(19/2/2019)./ANTARA-Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA — Hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan elektabilitss 54,8% berbanding Prabowo-Sandiaga dengan 34,1% dari basis suara.

Namun, dari selisih elektabilitas sebesar 20,7% tersebut, ternyata masih ada beberapa ceruk suara yang sanggup menjegal Jokowi-Ma'ruf dari kemenangan telak.

"Jokowi-Ma'ruf Amin memang hampir unggul di semua aspek. Tetapi masih ada juga di beberapa basis suara pasangan Prabowo-Sandiaga mampu membuat surprise," ungkap Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman, Rabu (13/3/2019).

Yang pertama terkait alasan memilih. Mayoritas pemilih Jokowi-Ma'ruf menekankan alasan perhatian pada rakyat dengan persentase 33,9%, mampu mengatasi masalah ekonomi 28,3%, dan berpengalaman sekitar 11%.

Sedangan untuk Prabowo-Sandiaga, 29,8% pemilih menilai mereka sebagai pasangan berwibawa, mampu mengatasi masalah ekonomi 26,7%, dan mampu menciptakan keamanan dan ketertiban 11,3% dengan selisih yang cukup tinggi.

Berikutnya untuk distribusi wilayah dukungan capres, walaupun berhasil menguasai Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Maluku, Bali dan Nusa Tenggara, Jokowi-Ma'ruf masih kalah di Sumatra.

Di pulau yang memiliki basis suara terbanyak kedua setelah Pulau Jawa ini, Jokowi-Ma'ruf masih kalah dengan persentase elektabilitas 40% berbanding 42,5% yang mendukung Prabowo-Sandiaga.

"Kejutan lainnya dari Prabowo-Sandiaga, banyak orang Sunda justru memilih Prabowo-Sandiaga dibandingkan Jokowi-Ma'ruf," ujar Veri.

Pendukung capres-cawapres berdasarkan segmen suku dalam survei ini memang banyak memberi hasil mengejutkan.

Selain suku Sunda, Prabowo-Sandiaga berhasil memenangkan hati masyarakat Melayu, Lampung, Sasak, dan Minang. Sedangkan suku Betawi yang identik dengan Prabowo-Sandiaga, justru mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Terakhir, berdasarkan segmen pendidikan, 42,1% pemilih yang pernah lulus kuliah mendukung Prabowo-Sandiaga. Sedangkan tamatan SD, SMP, SMA, cenderung mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini