Keandalan Wi-Fi di Pesawat Citilink Diklaim Capai 95,1 Persen

Bisnis.com,21 Mar 2019, 16:06 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Ilustrasi - Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Produksi Yudi Fajari (dari kiri), Direktur Keuangan Ester Siahaan, dan Direktur Niaga Benny Rustanto, di Jakarta, Jumat (28/12/2018). Citilink mengumumkan aktivitas connectivity fasilitas wifi gratis di dalam kabin pesawat selama penerbangan./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Citilink Indonesia, maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC), mengklaim tingkat keandalan inflight wi-fi pada pesawat yang sudah terinstal mencapai 95,1%.


Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa peningkatan sistem dilakukan karena pada saat awal pelaksanaan layanan inflight wi-fi terjadi kegagalan koneksi.

Namun, kejadian ini lumrah pada saat awal instalasi atau disebut baby sickness. "Keandalan wi-fi kami mencapai angka 95,1%. Itu angka yang tinggi bagu sebuah teknologi," kata Juliandra, Kamis (21/3/2019).


Dia menambahkan bahwa dengan perbaikan tersebut kegagalan koneksi hanya terjadi di bawah 5%. Maskapai menjadikan masukan penumpang yang mendapat pengalaman inflight wi-fi sebagai bahan untuk perbaikan kinerja.


Pihaknya menuturkan satu unit pesawat yang sudah terinstal wi-fi melayani rute Jakarta--Denpasar, Jakarta--Medan, Jakarta--Balikpapan, dan Jakarta--Batam. Operasional pesawat tersebut menggunakan model point to point.


Dalam penyediaan konektivitas wi-fi onboard ini, Citilink Indonesia bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi yang difasilitasi oleh Immarsat sebagai satelit dan Lufthansa Technik untuk software dan hardware. Adapun, untuk instalasi atas equipment wi-fi ini dilakukan oleh PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk.


Kolaborasi tersebut menjadikan Citilink sebagai maskapai LCC pertama di Asia Pasifik yang memberikan layanan wi-fi gratis dengan GX System Aviation.


Lebih lanjut Juliandra menjelaskan, saat ini Citilink Indonesia menjadi LCC pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan layanan wi-fi gratis bagi penumpangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini