UJIAN NASIONAL : UNBK Siswa Madrasah Aliyah di Lebak Berlangsung Lancar

Bisnis.com,02 Apr 2019, 16:10 WIB
Penulis: Newswire
Siswa Madrasah Aliyah Negeri berdoa bersama menjelang pelaksanaan Ujian Nasional/Antara

Bisnis.com, LEBAK - Ujian nasional berbasis komputer atau UNBK siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, berlangsung lancar. Hal itu didukung kondisi jaringan listrik dan internet yang tidak mengalami gangguan.

"Kita mengapresiasi pelaksanaan UNBK pada hari pertama maupun hari kedua berjalan lancar," kata Kepala MAN 1 Rangkasbitung Kabupaten Lebak H Wahyudin di Lebak, Selasa (2/4/2019).

Untuk menyukseskan UNBK, pihak sekolah mempersiapkan tenaga teknis dengan melakukan sinkronisasi server pusat dan pengecekan komputer, termasuk tenaga proktor.

Penyelenggaraan UNBK di sekolahnya terbagi tiga sesi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Peserta didik yang mengikuti UNBK tercatat 139 siswa terdiri dari sekolah induk 161 siswa dan filial 78 siswa.

Selama ini, kata dia, pelaksanaan UNBK berjalan lancar dan siswa terfokus untuk mengisi jawaban dengan benar. "Kami minta peserta didik yang mengikuti UNBK agar bekerja keras untuk belajar sehingga diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," kata Wahyudin.

Menurut Wahyudin, kualitas mutu pendidikan di sekolahnya tergolong cukup bagus. Hal itu terbukti dari banyaknya  siswa yang meraih prestasi di bidang akademik, olah raga, kesenian, hingga agama.

Untuk persiapan menghadapi UNBK, kata dia, sebelumnya tenaga pendidik mengoptimalkan kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran, pengayaan mata pelajaran yang diujikan.

Selain itu juga melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK), simulasi dan gladi bersih pemantapan penggunaan komputer. Para siswa sudah mampu mengoperasikan komputer sehingga tidak kesulitan untuk melaksankan UNBK. "Kami yakin hasil UNBK di sini meraih nilai B," kata Wahyudin.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Lebak Sudirman mengatakan jumlah peserta UNBK tahun ajaran 2018/2019 tingkat MA tercatat 2.863 tersebar di 63 lokasi. Kebanyakan pelaksanaan UNBK tingkat MA itu dikelola oleh masyarakat atau swasta.

Adapun, mata pelajaran yang diujikan pada UNBK itu pada hari pertama 1 April, Bahasa Indonesia, hari kedua 2 April, Matematika, hari ketiga 4 April, Bahasa Inggris dan 8 April mata pelajaran pilihan.

Untuk mata pelajaran pilihan IPA, yakni fisika, kimia dan biologi. Sementara untuk mata pelajaran IPS dengan pilihan ekonomi, geografi dan sosiologi. "Kami menerima laporan hingga UNBK hari kedua berjalan lancar, tertib dan aman," kata Sudirman.

Sementara itu, sejumlah peserta UNBK mengaku tidak begitu kesulitan menghadapi soal-soal Matematika pada ujian hari kedua, karena banyak soal penghitungan dan pembagian. "Kami tidak begitu kesulitan untuk menjawab pertanyaan soal Matematika karena sudah diajarkan di sekolah," kata Ma'mun, siswa MAN 1 Rangkasbitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini