Surat Suara Tercoblos untuk Jokowi-Amin di Malaysia, BPN Kuatkan Relawan

Bisnis.com,11 Apr 2019, 20:26 WIB
Penulis: Jaffry Prabu Prakoso
Ilustrasi/ANTARA-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar video surat suara untuk pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin yang telah dicoblos di Malaysia. Relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diajak rapatkan barisan.

Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ferry Mursyidan Baldan menghimbau kepada seluruh pendukung dan warga negara Indonesia di luar negeri tetap terus mengawal proses pemilu yang berlangsung.dengan begitu, potensi kecurangan dapat diminimalisir dan tercipta pemilu yang jujur dan adil. 

“Kejadian di Malaysia sekaligus memberikan pesan kuat dan menjadi energi bagi relawan Prabowo-Sandi di seluruh dunia untuk mengawal proses pemilu dalam rangka menyelamatkan nama baik negara. Kita harus menjaga nama baik negara itu yang terpenting,” katanya melalui keterangan pers, Kamis (11/4/2019). 

Ferry meminta Presiden Joko Widodo harus dapat bersikap profesional dan netral dalam menciptakan pemilu yang jujur dan adil. Sebab, kepala negara harus bertanggung jawab dan menjamin pesta demokrasi agar terlaksana dengan baik dan lancar tanpa adanya kecurangan. 

Demi menjamin pemilu terlaksana jujur dan adil di Malaysia, dia meminta Presiden untuk segera menarik pulang Duta Besar Republik Indonesia di Malaysia Rusdi Kirana hingga pemilu selesai. 

“Seharusnya presiden sudah mengambil tindakan untuk mencopot posisi dubes RI di Malaysia, atau minimal menarik pulang hingga pemilu selesai, sehingga proses pemilu bisa berjalan jujur dan adil,” jelasnya.

Sebelumnya beredar video surat suara tercoblos di Malaysia. Ada tiga video yang beredar. Surat yang ditemukan itu telah dicoblos untuk pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. 

Berdasarkan salah satu rekaman yang dilihat Bisnis.com, seorang pria menggambarkan situasi di lapangan. Ada puluhan plastik hitam besar berisi surat suara.

“Kita sudah melakukan penggerebekan ini di Bandar Baru Bangi [Malaysia] di university tempatnya. Ini barang-barang yang sudah dicoblos,” katanya.

Dalam video, seorang pria lain yang ikut menggerebek menunjukkan surat suara untuk pemilihan presiden dan legislatif. 

Untuk presiden, semua ditemukan kepada pasangan nomor urut 01. Sementara legislatif, untuk Davin Kirana yang merupakan anak Rusdi Kirana nomor urut 2 dan Achmad nomor urut 3 dari Partai Nasdem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini