Kinerja DUCK dan PTSP Melejit

Bisnis.com,14 Apr 2019, 12:48 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa

Bisnis.com, JAKARTA—Laba bersih PT Jaya Bersama Indo Tbk. [DUCK] dan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. (PTSP) tergolong melejit dibandingkan rangkuman laporan keuangan empat emiten restoran lainnya.

Laba dan pendapatan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. sepanjang 2018 tumbuh 118,27% dan 16,79%. Catatan bisnis menyebut perusahaan yang membawahi California Fried Chicken itu berencana menambah 25 gerai California Fried Chicken hingga 2018. Selain itu, emiten bersandi saham PTSP ini berencana untuk merenovasi sebanyak 15 gerai. Dengan demikian, total alokasi belanja modal perseroan mencapai Rp30 miliar.

Di sisi lain Laba bersih DUCK pada 2018 tumbuh 60% senilai Rp79 miliar. Saat ini DUCK memiliki gerai yang tersebar di Jakarta,Bodetabek,Bandung,Surabaya, dan beberapa di luar Jawa. Pendapatan utama masih disokong dari wilayah Jakarta sebesar Rp492 miliar dan Bodetabek senilai Rp58 miliar.

Maklum saja emiten yang baru saja melantai di bursa itu telah menggalang dana segar Rp259,23 miliar dari upayanya melepas 513,33 juta saham pada harga pelaksanaan Rp505 per.

Menurut catatan Bisnis, GOOD meracik ekspansi gerai di sejumlah kota besar di Jawa, Bali, dan Kalimantan. DUCK juga berencana go international dengan membuka gerai di Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

Dewi Tio, Direktur Jaya Bersama Indo, menyebut perseroan akan membuka 12 gerai baru dalam setahun ini. Gerai di domestik kami fokus untuk di luar Pulau Jawa, seperti Makassar, Medan dan Bali. Kami juga akan buka di luar Jakarta, Karawaci. Tiga gerai lainnya di luar negeri akan berada di Hanoi pada tahun depan, lalu disusul Myanmar dan Pnom Penh, Kamboja. Dia memproyeksikan, bila tiga gerai tersebut dibuka, kontribusi gerai di luar negeri akan mencapai 30% terhadap total pendapatan.

Saat ini, perusahaan memiiiki tiga merek restoran berjaringan, yaitu The Duck King, Fook Yew, dan Panda Bowl, serta tujuh sub-merek dari The Duck King untuk menangkap permintaan di segmen konsumen kelas menengah yang sedang tumbuh di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini