BI: Sistem Pembayaran Berjalan Normal

Bisnis.com,23 Mei 2019, 14:19 WIB
Penulis: Hadijah Alaydrus
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) didampingi Ketua Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan mengenai hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), di Jakarta, Selasa (23/4/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan sistem pembayaran di Tanah Air berjalan dengan baik, baik kliring ritel maupun dalam jumlah yang besar.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di sela rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Dia mencontohkan transfer kliring melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) kemarin yang volumenya mencapai 659.000. "Ini lebih tinggi dari volume harian yang di kisaran 516.000," kata dia.

Demikian juga dengan transaksi melalui real time gross settlement (RTGS) yang nilainya mencapai Rp577 triliun lebih tinggi dibandingkan rata-rata transaksi harian. "Jadi transaksi melalui kliring berjalan normal," tegasnya.

Di sisi lain, BI menjamin terpenuhinya kebutuhan uang tunai di masyarakat dalam rangka Ramadan dan Idulfitri tahun ini. BI memperkirakan kebutuhan uang tunai mencapai Rp217,1 triliun.

"Kami pastikan uang kami di pusat dan 46 kantor cabang lebh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Tegar Arief
Terkini