JELAJAH JAWA BALI 2019 : Penerbangan Menuju Jakarta Mendominasi di Bandara Juanda

Bisnis.com,02 Jun 2019, 16:23 WIB
Penulis: Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Pesawat lepas landas di Bandara Juanda, Surabaya/Tim Jelajah Jawa Bali 2019

Bisnis.com, SURABAYA -- Airnav Indonesia mengurutkan penerbangan yang mendominasi di Bandara Juanda selama periode mudik lebaran 2019 atay H-7 hingga H-4 lebaran adalah pesawar menuju Jakarta, Medan, Solo Semarang, Makasar, Ternate, dan Bali.

Manager Perencanaan dan Evaluasi Operasi Airnav Indonesia Cabang Surabaya Aji Kuspitono mengatakan komposisi penerbangan meninggalkan Surabaya memang lebih besar dibanding kedatangan. Pada H-4 lebaran atau Sabtu (1/6/2019) jumlah penerbangan domestik yang tiba di Bandara Juanda Surabaya adalah sebanyak 185 pesawar dan yang keluar sebanyak 191 pesawat. Sementara, untuk rute internasional, sebanyak 20 pesawar meninggalkan Surabaya dan 22 pesawat tiba di Surabaya.

Sementara, kondisi pada H-5 lebaran, jumlah kedatangan dan keberangkatan hampir seimbang. Rute domestik, jumlah penerbangan tiba di Surabaya sebanyak 186 pesawat dan berangkat dari Surabaya sebanyak 185 pesawar. Pada rute internasional, sebanyak 21 pesawar meninggalkan Surabaya dan 19 pesawar tiba di Surabaya.

"Kita juga mengoperasikan penerbangan ekstra dari Jakarta dan Wilayah Kalimantan, tapi tidak sebanyak tahun sebelumnya," katanya kepada Tkm Jelajah Jawa Bali, Minggu (2/6/2019).

Sementara, lalu lintas penerbangan di Bandara Juanda Surabaya pada mudik tahun ini atau perhitungan H-7 hingga H-4 lebaran tidak sebesar kondisi tahun lalu dengan mengalami penurunan sebesar 11% sampai 16%.

Airnav Indonesia Cabang Surabaya mencatat pada H-7 lebaran atau 29 Mei 2019 jumlah penerbangan dalam sehari tercatat sebanyak 402 flight. Sementara berturut-turut pada H-6, H-5, dan H-4 lebaran yakni sebanyak 398 flight, 414 flight, dan 418 flight dalam sehari. Diprediksi puncak lalu lintas arus mudik di Bandara Juanda terjadi pada H-4 atau H-3 lebaran. Saat ini jumlah lalu lintas penerbangan pada H-3 masih belum final.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini