Kerja Sama Bilateral: Indonesia-Korsel Sepakat Selesaikan Negosiasi

Bisnis.com,28 Jun 2019, 18:26 WIB
Penulis: Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo (depan, ketiga kiri) berpose bersama para kepala negara, dan kepala pemerintahan negara G20 saat sesi family photo di sela-sela menghadiri KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 digelar pada tanggal 28-29 Juni 2019./Reuters-Kim Kyung-Hoon

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat untuk menyelesaikan sejumlah negosiasi perdagangan kedua negara.

Perundingan yang dimaksud antara lain negosiasi Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) dan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Adapun, kedua negara berharap perundingan dapat diselesaikan sebelum akhir 2019.

“Sepakat untuk segera menyelesaikan perundingan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement atau IK-CEPA dan juga komitmen kedua kepala negara untuk menyelesaikan perundingan RCEP di akhir tahun ini,” kata Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (28/6/2019).

Kesepakatan tersebut didapat ketika Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Osaka, Jepang.

Selanjutnya, kedua kepala negara membahas tindak lanjut kunjungan Presiden Jokowi ke Seoul, Korsel, pada September 2018. Keduanya berdiskusi mengenai kerja sama kedua negara dalam konteks industri strategis.

“Keduanya membahas antara lain mengenai masalah kerja sama dalam konteks industri strategis dan investasi-investasi Korea Selatan yang ada di Indonesia seperti di bidang entertainment, garmen, dan sebagainya,” kata Retno.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Taufikul Basari
Terkini