Mazda 3 Ikut Kena Recall di AS

Bisnis.com,11 Jul 2019, 20:13 WIB
Penulis: Newswire
All-new Mazda3. /Mazda

Bisnis.com, JAKARTA – Belum lama diluncurkan, Mazda menarik kembali Mazda 3 baik model sedan maupun hatchback karena mesin bermasalah.

Mazda 3 merupakan bagian dari total 260.000 kendaraan Mazda yang ditarik dari pasaran.

Alasannya, mesin berpotensi mogok karena kendala yang terjadi di perangkat lunak. Hal itu disampaikan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya di Amerika Serikat.

Bahkan dalam kasus tertentu, masalah itu dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kendali atas kendaraan sehingga dapat memicu kecelakaan lalu lintas.

Kendati demikian, Mazda mengatakan bahwa sejauh ini belum mendapatkan laporan mengenai adanya kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah tersebut.

Mesin dalam kendaraan Mazda dimaksud memiliki perangkat lunak yang memungkinkan mesin sesekali menonaktifkan dua dari empat silinder untuk menghemat bahan bakar.

Ketika kedua silinder diaktifkan kembali, masalah perangkat lunak dapat menyebabkan komponen mesin yang disebut rocker arm melakukan kontak dengan bagian-bagian mesin yang lain, padahal seharusnya tidak.

Hal itu dapat menyebabkan mesin bekerja dengan kasar atau bahkan macet. Dalam penarikan ini, diler Mazda akan melakukan pembaruan perangkat lunak tanpa memungut biaya kepada pemilik.

Beberapa model yang terdampak dengan masalah ini antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Galih Kurniawan
Terkini