3.000 UMKM Jabar Gabung Blibli.com

Bisnis.com,12 Jul 2019, 13:24 WIB
Penulis: Wisnu Wage Pamungkas
Pembukaan roadshow The Big Start di Bandung/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com,BANDUNG--Blibli.com resmi membuka roadshow The Big Start kompetisi wirausaha bagi pengusaha kreatif tergolong UMKM, di Gedung Sate, Bandung, Jumat (12/7/2019).

Pembukaan ini juga disemarakkan oleh 100 pengusaha kreatif yang akan memamerkan produk mereka di festival UMKM The Big Start yang  berlangsung selama tiga hari sampai Minggu (14/7/2019).

Sekda Jabar Iwa Karniwa yang mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Blibli.com sudah lama menjalin kemitraan dalam memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM Jawa Barat.

Menurutnya pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan platform penjualan online untuk memperluas usaha mereka.

“Kesuksesan yang dicapai UMKM secara digital akan berkontribusi pada realisasi target Pemprov Jawa Barat dalam memajukan 5.000 UMKM, dan dengan demikian mendukung target Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020,” katanya.

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengungkapkan pihaknya melihat kepercayaan dan dukungan Pemprov Jawa Barat membuat Blibli bisa berperan dalam meningkatkan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif di provinsi ini. “Banyak dari mereka menjalankan usaha tergolong UMKM,” katanya.

Pihaknya mencatat sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat, untukgo online. Saatini, sudah ada lebih dari 3.000 UMKM Jawa Barat yang tergabung di Blibli.com per kuartal dua 2019, menunjukkan kenaikan sebesar 125% dibanding periode yang sama di tahun 2018.

“Melalui kompetisi TBS Bandung ini, Blibli.com inginmewujudkankomitmenjangkapanjang kami untukmengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program pemerintah Jawa Barat.” lanjut Andy.

Kompetisi The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar dan akan fokus pada 4 kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Blibli.com akan menggandeng empat profesional pada bidangnya untuk menjadi juri.

Juri-juri tahun ini adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini