Dapat Titel Bali Baru, Saatnya Magelang Membenahi Pariwisata

Bisnis.com,17 Jul 2019, 18:45 WIB
Penulis: Yanita Petriella
Warga melihat pemandangan Gunung Merapi di kawasan Magelang, Jawa Tengah, Kamis (20/6/2019)./ANTARA-Aloysius Jarot Nugroho

Pemerintah Kabupaten Magelang sendiri tak ambil pusing untuk bisa menarik banyak wisatawan mancanegara ke Magelang karena ke depannya akan ada ruas tol Bawen hingga Yogyakarta yang merupakan perpanjangan ruas tol Trans-Jawa dan saat ini tengah dalam proses  pembangunan.  Ruas tol Bawen—Yogyakarta ini tentu akan mempermudah wisatawan menuju ke kota tertua kedua di Indonesia ini. 

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengatakan sepanjang tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Magelang mencapai 6,36 juta terdiri atas 5,9 juta wisatawan nusantara (wisnus) dan 350.000 wisatawan mancanegara (wisman) yang sekitar 60% di antaranya mengunjungi Candi Borobudur.

Adapun, tingkat kunjungan wisatawa di Candi Borobudur sebanyak 3,66 juta untuk wisnus dan 192.231 orang untuk wisman pada tahun lalu. 

Jumlah wisatawan ke Candi Borobudur mengalami penurunan bila dibandingkan dengan 2014 yang sebesar 80% wisatawan menjadi hanya 60% di tahun 2018 dari dari total wisatawan ke Magelang. 

Hal ini dikarenakan banyak destinasi wisata lainnya, seperti Punthuk Setumbu, Desa Wisata Karanganyar tempat pembuatan gerabah, Desa Wisata Candi Rejo, arung jeram di Sungai Elo, dan Ketep Pass.

"Yang datang ke Magelang, kebanyakan pergi ke Candi Borobudur. Lalu diurutan kedua Ketep Pass sebanyak 333.841 wisnus dan 1.146 wisman," ujarnya saat ditemui Bisnis.com dalam acara Gathering Media Kementerian Pariwisata, belum lama ini.

Tahun ini sendiri, pihaknya  menargetkan kunjungan wisatawan ke Magelang sebesar 7 juta terdiri atas 6,5 juta wisnus dan 500.000 wisman. Adapun hingha semester I ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Magelang sudah mencapai 40% dari target. 

Kendati demikian, pihaknya optimisitis dapat mencapai target yang ada karena wisatawan akan ramai mengunjungi Kabupaten Magelang saat akhir tahun.

"Tahun ini sendiri Kabupaten Magelang menjadi tumpuan pariwisata di destinasi Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang) dimana Joglosemar ditargetkan bisa dikunjungi 2 juta wisman. Dari 2 juta wisman tersebut, 500.000 wisman di antaranya datang ke Candi Borobudur," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wike Dita Herlinda
Terkini