3 Universitas Islam Negeri Punya Rektor Baru

Bisnis.com,23 Jul 2019, 17:02 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan tiga Rektor UIN./Istimewa-Kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik tiga rektor Universitas Islam Negeri (UIN) yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Alauddin Makassar.

Mereka yang dilantik di Jakarta pada Selasa (23/7/2019) adalah Prof. Mahmud sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Imam Taufiq sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang, dan Prof. Hamdan sebagai Rektor UIN Alauddin Makassar. Ketiganya bertugas untuk masa bakti 2019 - 2023.

"Jabatan hakikatnya tidak sekadar kepercayaan melainkan kehormatan. Sebagai pimpinan tertinggi di perguruan tinggi keagaaman Islam negeri [PTKIN], akan menjadi rujukan, acuan, dan teladan bagi seluruh PTKIN di Indonesia," kata Lukman saat melantik ketigaya.

"Tetap jaga dan kembangkan kinerja sebaik-baiknya dalam memimpin UIN yang besar ini di Tanah Air," lanjutnya sebagaimana dilansir laman resmi Kementerian Agama.

Menag mengingatkan para rektor agar memahami eksistensi keberadaan PTKIN dalam konteks Indonesia yang begitu strategis.

PTKIN di Indonesia adalah lembaga pendidikan Islam yang tertinggi dan mengawal agar bangsa yang sangat besar ini senantiasa terjaga dan terpelihara, khususnya terkait pemahaman keislaman maupun dalam bentuk pengamalan ajaran agama Islam.

"Oleh para pendahulu, kehadiran PTKIN dalam rangka menjaga Indonesia dan keislaman yang moderat," tutur Menag.

"PTKIN adalah bagian yang tak terpisahkan dari Kemenag. Mari kita senantiasa menimplementasikan lima budaya kerja yang menjadi ruh bagi ASN di Kemenag. Saya harap ini betul betul dilakukan di internalisasi PTKIN dan mewujud di setiap aktivitas," sambunya.

Kelima nilai yang dimaksud Menag adalah integritas, profesionalitas, inovatif, tanggung jawab, dan keteladanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini