Di Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Sindir Studi Banding Anggota DPR

Bisnis.com,16 Agt 2019, 11:30 WIB
Penulis: Yodie Hardiyan
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019)./JIBI/Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menyindir anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) perihal studi banding ke luar negeri dalam Pidato Kenegaraan dalam Rangka HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan di Depan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Daerah dan DPR di Gedung Senayan, Jumat (16/8/2019).

Dalam pidatonya, semula Jokowi mengingatkan kepada jajaran eksekutif supaya lebih efisien. Kemudian, dia pun menyinggung studi banding yang sering dilakukan anggota DPR.

"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smartphone kita?" ucap Jokowi.

Setelah itu, Kepala Negara tiba-tiba menunjukkan smartphone warna hitam. Di luar teks pidato yang sudah disusun, Jokowi mengatakan apabila ingin mencari informasi terkait Amerika Serikat, Rusia, atau Jerman sebenarnya bisa melalui smartphone.

"Ini relevan buat anggota DPR," ujarnya, yang kemudian disambut riuh oleh para hadirin.

Seperti diketahui, studi banding anggota DPR ke luar negeri kerap mendapat sorotan dari publik. Selain dianggap menghabiskan anggaran negara, manfaat studi banding tersebut terhadap masyarakat luas juga dipertanyakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini