Sudahkah Merdeka Finansial? Ketahui Makna dan Jurus Ampuhnya

Bisnis.com,16 Agt 2019, 19:15 WIB
Penulis: Agne Yasa dan Dhiany Nadya Utami
Sudahkah Merdeka Finansial? Ketahui Makna dan Jurus Ampuhnya

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan Agustus tentu erat dengan euforia kemerdekaan karena Indonesia merayakan hari lahir republik tercinta ini. Merdeka dapat diartikan sebagai bebas. Nah, definisi merdeka ini bisa diterapkan dalam banyak hal, salah satunya merdeka secara finansial.

Bagaimana memaknai kemerdekaan secara finansial? Apakah dengan mempunyai penghasilan yang besar sehingga dapat mencukupi semua kebutuhan? Ataukah terbebas dari utang dan memiliki investasi yang cocok?

Ternyata memaknai kemerdekaan secara finansial bisa menjadi sangat beragam bagi setiap orang. Namun, ada pengetahuan yang sebaiknya dipelajari agar bisa membantu dalam mencapai merdeka secara finansial.

Annissa Sagita, Perencana Keuangan di Aidil Akbar Madjid & Associates (AAM & Associates) membagikan pentingnya memiliki ilmu untuk merencanakan tujuan keuangan dan menemukan cara mencapainya agar merdeka secara finansial.

Selain itu, untuk meraih merdeka secara finansial juga dapat dilakukan dengan berinvestasi sebagai jembatan untuk meraih tujuan itu. Tubagus Farash Akbar Farich, Manajer Investasi selaku Head of Investment PT Avrist Asset Management membagikan strateginya dalam memulai investasi terutama untuk para milenial. Simak selengkapnya dalam video di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Siti Munawaroh
Terkini