Bank DKI Akad Kredit DP Rp0 di Klapa Village

Bisnis.com,02 Sep 2019, 06:59 WIB
Penulis: Ipak Ayu H Nurcaya

Bisnis.com, JAKARTA — Bank DKI sebagai bank pelaksana program Solusi Rumah Warga atau Samawa resmi melakukan penandatanganan akad kredit kepada calon penghuni Klapa Village, Jakarta Timur dengan uang muka Rp0.

Adapun, dalam kegiatan tersebut Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan juga secara simbolis meresmikan hunian DP Rp0 Klapa Village dan melakukan penyerahan kunci kepada calon penghuni.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan Gubernur Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada para pengembang, Dinas Perumahan dan BUMD terkait seperti Bank DKI yang menyediakan fasilitas kredit untuk pemohon program DP Rp0.

Menurut Herry, misi Gubernur dari program Samawa yakni sebagai tanda hadirnya negara untuk menyelesaikan permasalahan struktural terkait kepemilikan properti bagi masyarakat DKI Jakarta. 

“Calon penghuni hari ini telah melewati berbagai proses seleksi dan telah memenuhi kriteria untuk dapat difasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP Rp0 oleh Bank DKI. Program ini didesain untuk masyakat yang berpenghasilan rendah," katanya melalui siaran pers, Minggu (1/9/2019)

Herry mengemukakan masyarakat yang dapat menikmati fasilitas ini antara lain masyarakat yang mampu mengontrak rumah, tetapi tidak mampu mengumpulkan uang untuk membayar uang muka rumah. Selain itu, masyarakat tersebut juga terbukti masih memiliki uang untuk membayar sewa kontrak bulanan.

Artinya, dengan skema ini dapat mengalihkan alokasi biaya kontrak bulanan menjadi pembayaran cicilan kepemilikan rumah.

Program rumah DP Rp0 Samawa Klapa Village tersedia dalam 3 tipe, mulai dari tipe studio dengan luas 21 m2 hingga 35 m2 untuk tipe dua kamar tidur. 

Hunian tersebut telah siap huni tanpa uang muka, bebas biaya administrasi, bebas provisi kredit, bebas biaya akad dan ppjb, tenor kredit hingga 20 tahun serta cicilan hanya Rp1,2 juta sampai Rp2,2 juta. 

Program fasilitas pembiayaan DP Rp0 dilakukan secara bertahap, selain Klapa Village, kedepannya juga akan dibangun hunian di wilayah Cilangkap serta beberapa wilayah lain yang sedang dalam tahap kerjasama dengan pengembang swasta dengan mempertimbangkan tingkat permintaan dan kebutuhan warga.

“Dengan terlaksananya Festival Samawa DP Rp0 ini, merupakan langkah awal dari dari penyelesaian permasalahan perumahan bagi warga Jakarta. Bank DKI akan terus mendukung Pemprov agar semua warga Jakarta setahap demi setahap nantinya bisa memiliki rumah milik mereka sendiri dan membawa mereka dalam eskalator kenaikan properti yang ada di Jakarta," ujar Herry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini