Mau Jajal Tabungan Berjangka? Intip Keunggulan Produk 5 Bank Ini

Bisnis.com,10 Okt 2019, 13:33 WIB
Penulis: Denis Riantiza Meilanova
Ilustrasi/Naturalnews

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika merancang masa depan, sangat penting untuk memiliki tabungan. Namun, bagi sebagian orang seringkali merasa kesulitan menyisihkan dana untuk ditabung.

Bagi yang merasa kesulitan menabung, produk perbankan bernama tabungan berencana atau tabungan berjangka bisa menjadi solusi . Hal ini karena jenis tabungan tersebut memungkinkan nasabah menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis (autodebet) dari rekening tabungan induk tiap bulannya.

Selain itu, tabungan berjangka juga memiliki ketentuan jangka waktu atau tenor yang disepakati. Biasanya berkisar antara 1 -20 tahun. Jika uang yang tersimpan dalam tabungan berjangka diambil sebelum masa jatuh tempo, maka nasabah akan dikenakan biaya penalti.

Keuntungan lainnya dari jenis tabungan berjangka adalah suku bunga yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan biasa. Tak hanya itu, tabungan berjangka biasanya juga memiliki fasilitas perlindungan asuransi jiwa. Sehingga bila nasabah meninggal dunia, setoran bulanan akan diteruskan oleh pihak asuransi.

Hampir semua bank besar memiliki produk tabungan berjangka dengan fitur yang bervariasi. Berikut beberapa pilihan produk tabungan berjangka dari sejumlah bank besar di Indonesia:

1. Bank Mandiri

Salah satu bank BUMN ini memiliki produk tabungan berjangka bernama Mandiri Tabungan Rencana (MTR). Bank Mandiri menargetkan produk ini untuk nasabah first jobber yang berusia sekitar 18-35 tahun, nasabah payroll Mandiri, ibu rumah tangga, dan mahasiswa.

Pada produk ini, Mandiri menetapkan biaya penarikan sebagian sebelum jatuh tempo sebesar Rp100.000 atau 0,5% dari nominal penarikan. Selain itu, tunggakan setoran wajib bulanan dibatasi maksimal 3 kali. Rekening MTR akan ditutup jika terjadi 3 kali penunggakan.

Berikut persyaratan dan keunggulan bagi yang berminat membuka rekening tabungan berjangka Mandiri:

Persyaratan:

Keunggulan yang ditawarkan:

2. Bank BRI

BRI memiliki produk tabungan berjangka bernama Britama Rencana. Produk ini terdiri atas dua jenis, yakni Plan A dan Plan B. Secara umum, persyaratan dan keuntungan yang ditawarkan kedua plan tersebut hampir sama. Bedanya Plan A dibebankan biaya besaran premi asuransi sebesar 6% dari setoran tetap bulanan, sementara pada Plan B premi asuransi gratis.

Persyaratan:

Keunggulan yang ditawarkan:

3. Bank BNI

Bank BNI juga memiliki produk tabungan berjangka bernama BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan). Untuk membuka rekening BNI Tapenas terdapat biaya kelolaan rekening atau administrasi senilai Rp18.000 atau US$3 per rekening/tahun (dikenakan di akhir tahun).

Jika melakukan penutupan rekening sebelum jatuh tempo akan dikenakan biaya sebesar 1% dari saldo akhir minimal Rp100.000 atau US$10.

Persyaratan:

Keunggulan yang ditawarkan:

4. Bank Danamon

Bank Danamon menerbitkan produk tabungan berjangka bernama Tabungan Cita2Ku. Suku bunga yang ditawarkan Danamon pada produk ini tergolong tinggi dibandingkan produk tabungan berjangka bank lain. Namun, pilihan tenor tabungan lebih sedikit dibandingkan bank lain.

Danamon memberlakukan denda sebesar 0,5% bagi nasabah yang menutup rekening kurang dari 2 tahun. Khusus nasabah yang mengambil jangka waktu tabungan 1 tahun, pinalti akan dikenakan jika penutupan rekening dilakukan kuran dari 1 tahun.

Persyaratan:

Keunggulan yang ditawarkan:

5. CIMB Niaga

Produk tabungan berjangka milik CIMB Niaga bernama Tabungan Mapan (Tabungan Masa Depan). Pilihan tenor tabungan lebih bervariasi karena tersedia jangka waktu mulai dari 5 bulan hingga 20 tahun. Namun untuk tabungan bertenor kurang dari 2 tahun tidak mendapat perlindungan asuransi.

CIMB Niaga mengenakan biaya administrasi pada produk ini sebesar Rp5.000/bulan yang dikenakan mulai bulan ke-3 sejak membuka rekening. Selain itu, juga terdapat biaya tunggakan sebesar Rp2.500 per tunggakan.

Adapun denda yang dikenakan bila menutup rekening sebelum jatuh tempo ditetapkan sebesar 2% dari saldo akhir atau minimal Rp50.000.

Persyaratan:

Keunggulan yang ditawarkan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Taufikul Basari
Terkini