Gagal Jadi Cawagub Jateng, Ida Fauziyah Mungkin Jadi Menaker Kabinet Jokowi - Ma'ruf

Bisnis.com,22 Okt 2019, 15:33 WIB
Penulis: Rayful Mudassir
Ida Fauziah, memberi sinyal akan gantikan Hanif Dhakiri/Bisnis-Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Ida Fauziyah dipanggil Presiden ke Istana Kepresidenan, Selasa (22/10/2019). Dia memberi sinyal akan menjadi Menteri Ketenagakerjaan pada pemerintahan Jokowi - Ma`ruf. Bagaimana karier politiknya selama ini?

Ida Fauziyah lahir di Mojokerto 16 Juli 1969. Ida adalah salah satu politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa. Dia dikenal lama didunia politik khususnya sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur.

Sebelum menjadi politisi, alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel ini mengawali karier sebagai guru di MAPK Jombang pada 1994 - 1999. Ida juga sempat mengajar di SMU Khadijah di Surabaya pada 1997 - 1999.

Saat masuk PKB, Ida sempat ditunjuk sebagai Sekretaris Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB pada 2002 - 2007. Dia juga menjadi Ketua Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa pada periode yang sama.

Ida cukup lama berada di Senayan sebagai anggota DPR. Ida Fauziyah tercatat menjadi anggota DPR sejak 1999 hingga 20 Maret 2018.

Ida menjadi anggota legislatif di empat masa pemerintahan mulai era Presiden Abdurrahman Wahid, kemudian masa Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono hingga kini, era Presiden Joko Widodo.

Tahun lalu Ida sempat mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Jawa Tengah mendampingi Sudirman Said. Itu pula yang membuat Ida harus mundur sebagai anggota DPR. Namun, Ida dan Sudirman Said harus mengakui keunggulan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen.

Usai pertemuan dengan presiden, Ida menyebut beberapa tugas yang akan diemban mengenai ketenagakerjaan. Diperkirakan dia akan menjabat sebagai menteri ketenagakerjaan menggantikan Hanif Dhakiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini