PT ABM Investama Tbk Kembangkan SDM di Berau Coal

Bisnis.com,31 Okt 2019, 16:54 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT ABM Investama Tbk, perusahaan pertambangan dan energi terintegrasi melalui anak usaha PT Sanggar Sarana Jaya mengembangkan SDM di PT Berau Coal dengan menyelenggarakan pelatihan pengelasan.

"Kegiatan dipusatkan di balai katihan kerja Balikpapan, Kalimantan Timur diikuti pekerja PT Berau Coal," kata Direktur SSB Johan Budisusetija di Jakarta, Rabu, saat menjelaskan program welding development program yang baru diselenggarakan.  

PT Sanggar Sarana Baja (SSB)  bergerak dalam bidang remanufaktur komponen alat berat, serta menyediakan jasa pengelasan dan permesinan untuk industri migas, pertambangan serta transportasi. Johan mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen perseroan untuk melakukan transfer pengetahuan, sekaligus memberdayakan masyarakat khususnya sumberdaya manusia (SDM) di Kabupaten Berau. 

Peserta Welding Development Program (WDP) 2019, jelas Johan akan mendapatkan sertifikat sebagai qualified welder. Johan menjelaskan pertumbuhan permintaan terhadap tenaga kerja di bidang pengelasan yang tersertifikasi di Berau cukup tinggi. Hal ini lah yang menjadi salah satu pendorong perusahaan untuk melakukan kegiatan WDP.

Dalam kegiatan ini, SSB bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan, akan menyediakan trainer pengelasan dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja. Kegiatan ini, jelas Johan mendapat dukungan dari pemerintah daerah Berau.

Sementara itu, menurut Corporate Social Responsilbility (CSR) General Manager, Horas Parsaulian Pardede mengungkapkan pihaknya mendukung program yang diselenggarakan karena  memberikan pengalaman juga bekal pengetahuan yang pastinya akan bermanfaat bagi masyarakat Berau.  Peserta WDP ini harus melalui serangkaian proses seleksi, termasuk tes wawancara serta medical checkup. 

Pada 2019 ini telah terjaring 16 perserta dari puluhan peserta yang mendaftar yang akan mendapatkan pelatihan baik soft skill maupun technical skill yang meliputi Basic Welding (1F/1G – 3F/3G) dengan proses pengelasan SMAW, GMAW, FCAW dan Gouging.  Diharapkan lulusan program ini akan menjadi kandidat welder yang memiliki kualifikasi untuk memperoleh sertifikat BNSP sehingga mempunyai kesempatan untuk membuka jasa bengkel las mandiri.

“Program ini akan kami lakukan secara berkelanjutan. Tidak hanya di bidang pengelasan, tetapi juga akan dikembangkan untuk bidang mekanik dan lainnya. Melalui berbagai kegiatan ini diharapkan semangat local people for local job dapat terwujud dan membuat kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasi perusahaan semakin meningkat,” ungkap Johan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bambang Supriyanto
Terkini