Cek Udara Hingga Laporkan Kejadian Melalui JAKI

Bisnis.com,01 Nov 2019, 20:49 WIB
Penulis: Media Digital
Foto: Aplikasi JAKI di Gawai/ Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA -- Perkembangan teknologi digital membuat Pemerintah DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Smart City mengembangkan aplikasi yang bisa menjadi one stop services apps dan city apps bagi warganya.

Beberapa waktu lalu, Unit Pengelola Jakarta Smart City pun meluncurkan aplikasi Jakarta Kini atau yang lebih dikenal dengan JAKI.

Aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Playstore itu pun diharapkan dapat memantau masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi dan layanan yang ada di DKI Jakarta.

JAKI memang didesain untuk memudahkan hidup semua orang yang beraktivitas di Jakarta, karena Pemerintah DKI Jakarta sadar betul bahwa kota ini bukan hanya milik warganya yang lahir, tumbuh, dan menetap, tetapi juga warga dari kota tetangga yang ikut berkontribusi memajukan perekonomian Ibu Kota.

Kepala UP Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha menyampaikan sejumlah fitur unggulan dari JAKI, yakni:

JakWarta

JAKI menyajikan berita resmi langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Para OPD/BUMD memiliki akun resmi pada akun JAKI, sehingga dapat dipastikan, informasi yang warga dapatkan merupakan terbitan langsung dari perangkat Pemerintah DKI Jakarta.

JakISPU

Fitur JakISPU menyajikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), dan terintegrasi dengan sensor udara milik Dinas Lingkungan Hidup Jakarta secara real-time.

Sensor ini terletak di seluruh kota madya, sehingga warga bisa langsung cek kualitas udara sesuai lokasinya.

JakSurvei

Fitur JakSurvei menyediakan ruang evaluasi bagi warga yang ingin menilai kinerja layanan masyarakat yang diberikan pemerintah Jakarta.

Selain itu, fitur ini memungkinkan warga untuk ikut berpartisipasi dalam survei mengenai kebijakan, fasilitas, atau jajak pendapat resmi.

JakSiaga

JAKI juga punya fitur JakSiaga untuk pengaduan darurat. Dengan memasang JAKI, warga otomatis punya nomor-nomor penting saat situasi genting seperti Jakarta Siaga 112, tim SAR, pemadam kebakaran, dan lainnya.

JakLapor

Warga dapat menyampaikan permasalahan yang mereka temui di Jakarta melalui JAKI.

Sistem pelaporan dalam JAKI berbasis geo-tagging dan terintegrasi dengan Cepat Respon Masyarakat (CRM). Warga yang terdaftar pada aplikasi JAKI juga dapat memantau setiap laporan lengkap dengan OPD yang menindaklanjuti laporan tersebut.

JakServ

JAKI mengintegrasikan berbagai situs web Pemprov DKI Jakarta yang warga butuhkan dan sudah tersedia.

JAKI, yang juga diproyeksikan sebagai integrator, menjadi gerbang masuk warga untuk mengakses seluruh layanan daring Pemprov DKI Jakarta.

Pada Desember mendatang, pengembangan JAKI fase kedua akan dirilis dengan empat fitur tambahan hasil integrasi dari aplikasi atau layanan daring yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Fitur baru yang akan muncul, yaitu:

Pantau Banjir

fitur informasi mengenai tinggi permukaan air, genangan, pompa air, pintu air, dan pos pengamatan yang ada di Jakarta.

Info Pangan

fitur informasi harga komoditas pangan harian yang terintegrasi dengan data PD Pasar Jaya.

Tracking Laporan

fitur pemantauan kemajuan tindak lanjut laporan dari berbagai kanal aduan.

Feedback Warga

warga dapat memberikan penilaian terhadap hasil tindak lanjut laporan.

Akses berbagai aplikasi

perusahaan digital yang telah berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Selain menyediakan aplikasi, dengan semangat mewujudkan Jakarta 4.0, JAKI membuka kesempatan untuk warga yang memiliki ide untuk mengembangkan JAKI melalui JAKI Project.

JAKI Project merupakan wujud ajakan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta kepada warga yang punya ide kreatif mengenai fitur dalam JAKI yang dapat membantu orang-orang beraktivitas di Ibu Kota. Warga dapat menyampaikan ide melalui laman situs web resmi JAKI di jaki.jakarta.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Media Digital
Terkini