Harga Sejumlah Komoditas Turun, Kota Medan Deflasi 0,34 Persen

Bisnis.com,01 Nov 2019, 14:58 WIB
Penulis: Asteria Desi Kartika Sari
Ilustrasi. Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga pada Oktober 2019 antara lain cabai merah/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN— Perkembangan harga berbagai komoditas di Kota Medan secara umum menunjukkan penurunan pada Oktober 2019. Berdasarkan pantauan Badan Pusat Statistik, Kota Medan deflasi sebesar 0,34%.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumatra Utara (Sumut) Syech Suhaimi mengatakan, deflasi terjadi lantaran adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks dua kelompok pengeluaran, yakni kelompok bahan makanan sebesar 2,35% dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,14%.

“Beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga pada Oktober 2019 antara lain cabai merah, cabai rawit, kentang, sawi putih, ikan gembung, cabai hijau, dan ikan dencis.,” kata Syech, Jumat (1/11/2019).

Sementara kelompok yang menunjukkan peningkatan ikdeks yakni kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 1,35%, kelompok sandang sebesar 0,33%, kelompok kesehatan sebesar 0,09%, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,32%, sedangkan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga tidak mengalami perubahan indeks.

Melihat tren deflasi 2 bulan terakhir, kata Suhaimi, Sumut diharapkan bisa merealisasikan inflasi lebih rendah hingga akhir tahun sehingga bisa tetap ditarget 3,5±1%. Karena inflasi Sumut year to date (ytd) masih jauh di atas nasional yang sebesar 2,22%.

https://drive.google.com/open?id=1_mtNXZ87BsEEUqm-LqIuG0ZJ8cEn-hp0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini