BI Malang Dorong Prestasi Kaum Difabel

Bisnis.com,12 Nov 2019, 19:07 WIB
Penulis: Choirul Anam
Ilustrasi Difabel/Antara

Bisnis.com, MALANG—Bank Indonesia (BI) Malang menggandeng Generasi Baru Indonesia (GenBI) mendorong difabel untuk tetap dapat berprestasi lewat beragam kegiatan yang menanamkan nilai-nilai keseteraan.

Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan generasi milenial adalah generasi yang harus peka dan peduli terhadap kondisi sosial di sekitarnya. Mereka diharapkan dapat turun langsung di masyarakat untuk membantu antarsesama.

“Dengan adanya kegiatan ini, Ruang Setara, diharapkan teman-teman difable maupun mahasiswa GenBI dapat termotivasi dengan semangat juang Anjas Pramono yang walau dengan keterbatasan fisiknya, mampu meraih berbagai prestasi yang membanggakan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya di Malang, Selasa (12/11/2019).

Dalam kesempatan itu, BI Malang memberikan Program Sosial BI berupa sarana prasarana pendidikan seperti meja belajar, rak buku, dan mainan edukatif yang bertujuan agar dapat dimanfaatkan oleh anak-anak disabilitas di yayasan anugerah kasih kota Batu dan bermanfaat bagi proses belajar mereka nantinya

Ketua Korkom GenBI Malang Erma mengatakan tahun ini tema kegian GenBI, yakni Stronger Together, Berdaya untuk Sesama,Bermakna untuk Semua.

GenBI merupakan komunitas penerima beasiswa BI yang di dalamnya terdiri dari berbagai perguruan tinggi Negeri di Indonesia. Untuk wilayah kerja BI Malang, terdapat GenBI Malang, yang merupakan komunitas penerima beasiswa BI yang berasal dari 3 universitas yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.

Dalam keberlangsungannya, penerima beasiswa tidak hanya menerima dana Bantuan Pendidikan, namun lebih dari itu, melalui GenBI setiap penerima beasiswa mendapatkan fasilitas peningkatan kapasitas (soft skill), serta terlibat aktif dalam pelaksanaan berbagai aktivitas sosial di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun lingkungan.

GenBI Malang, kata dia, juga diharapkan dapat menjadi garda terdepan BI dalam mengkomunikasikan kebijakan BI kepada masyarakat.

Nemperingati HUT GenBI ke 8, GenBI Malang melaksanakan serangkaian kegiatan a.l berbagi kasih dengan membagikan sekitar 100 nasi kotak gratis kepada masyarakat tidak mampu, Minggu (10/11/2019), tasyakuran doa dalam gathering and sharing bersama internal anggota GenBI, Senin (11/11/2019), serta kegiatan Ruang Setara.

Ruang Setara dilaksanakan Minggu (10/11/2019) di Yayasan Anugerah Kasih Kota Batu, bekerjasama dengan Bank Indonesia Malang, Komunitas Gempita Universitas Negeri Malang, serta dihadiri oleh sekitar 20 orang teman-teman difable dari Yayasan Anugerah Kasih Kota Batu.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan gagasan untuk menanamkan nilai-nilai kesetaraan antara teman-teman difable dengan orang lainnya yang tidak memilki keterbatasan fisik, serta memberikan motivasi bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam menggapai cita-citanya.

Program yang mengusung tema “See The Able, Not The Label” ini diawali dengan kegiatan cek kesehatan untuk teman-teman difable oleh Klinik Universitas Brawijaya dan dilanjutkan dengan sesi motivasi oleh Anjas Pramono, sosok mahasiswa penyandang disabilitas berprestasi dan inspiratif yang berasal dari Universitas Brawijaya.

Anjas Pramono merupakan salah satu tokoh inspiratif dengan berbagai prestasi antara lain pada tahun 2019 menerima penghargaan Young Southeast Asian Leaders Iniative (YSEALI) dari Pemerintah Amerika Serikat, Tokoh Muda Inspiratif 2019 MNC, Gelar Kehormatan 2019 MPR RI, Pemuda Hebat 2019 KEMENPORA, dan Duta Ikon Pancasila 2019 BPIP.

Anjas juga merupakan sosok yang berhasil menciptakan 5 aplikasi yang bermanfaat untuk teman-teman difable maupun masyrakat umum, sebut saja aplikasi Difodeaf (kamus Bahasa isyarat), Locable (Location for Difable), aplikasi Guru Ngaji dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini