Tips Memberikan Seks Edukasi pada Anak Sesuai Usia

Bisnis.com,18 Nov 2019, 10:33 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika anak-anak tumbuh, mereka mengalami banyak perubahan fisik dan hormonal dalam tubuh mereka. Mereka ingin memahami perubahan itu karena mereka secara mental tidak siap untuk menangani perubahan itu.

Kkarena penasaran, mereka mulai mencari jawaban dengan berbicara dengan teman mereka atau dengan mencari bantuan media digital. Cara ini akan memberikan mereka jawaban yang benar atau mereka mungkin mendapatkan persepsi yang salah tentang tubuh mereka. Karena itu, penting bagi orang tua memberikan edukasi terkait hormonal maupun seks pada anak sejak usia dini.

Kita tahu, berbicara dengan anak-anak Anda tentang kesehatan seksual adalah tonggak pengasuhan yang sangat besar, tetapi ketika hal itu dilakukan sejak usia dini, itu bermanfaat bagi anak dalam memahami tubuh mereka dengan cara yang benar. Intinya adalah pembicaraan seperti itu mendorong anak-anak untuk lebih terbuka kepada orang tua mereka sehingga nantinya, mereka dapat dengan percaya diri berbicara tentang topik semacam itu dengan mereka. Terlebih lagi, ini semua tentang mengubah keseluruhan 'pembicaraan seks' menjadi 'diskusi kecil'.

Berikut trik sederhana yang akan memandu Anda sebagai orang tua tentang cara memulai percakapan atau berbicara dengan anak-anak Anda tentang kesehatan seksual sesuai usia mereka.

Anak Usia 0-5 tahun

Berbicara tentang kesehatan seksual dengan anak-anak Anda pada usia ini memerlukan banyak pemikiran oleh orang tua tetapi mereka harus ingat bahwa komunikasi awal membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan anak-anak karena mereka mendapatkan kepercayaan bahwa orang tua selalu tersedia untuk berbicara dengan mereka. .

Pada usia ini, pemodelan dan demonstrasi bekerja lebih baik daripada bicara. Misalnya, mengajar anak-anak Anda dengan buku-buku selama cerita mereka dapat menjadi cara terbaik untuk membahas perubahan dalam tubuh, jenis kelamin, dan hubungan mereka, kata Dawn Ravine, koordinator program pendidikan seksualitas di Divisi Kedokteran Remaja Lurie Children's.

Memodelkan hubungan yang sehat dengan anak mereka adalah semua yang orang tua inginkan. Misalnya, Jika anak perempuan Anda yang sedang tumbuh meminta Anda untuk tidak menggelitiknya lagi, adalah kewajiban orang tua untuk menghormati permintaannya. Juga, mereka harus memastikan bahwa putrinya tidak dipaksa oleh salah satu kerabat untuk pelukan atau ciuman jika dia tidak nyaman.

Ravine mengatakan bahwa ketika menjelaskan konsep bagian tubuh kepada anak-anak Anda, tidak apa-apa untuk menjelaskannya dengan kata-kata tidak resmi yang digunakan oleh keluarga, dengan catatan, bahwa orang tua juga harus mengajari mereka nama-nama resmi secara bersamaan. Selain itu, ini semua tentang memahami tingkat minat anak Anda dan kemudian menggunakannya sebagai panduan.

Anak Usia 5-10 tahun

Ini adalah usia ketika orang tua harus benar-benar mulai melakukan percakapan langsung dan jujur dengan anak-anak mereka tentang topik-topik seperti seksualitas, persetujuan, batasan fisik, keamanan, dan hubungan.

Pada usia ini, beberapa anak mulai naksir. Jadi, hal terbaik bagi orang tua adalah berbicara kepada anak-anak mereka tentang hal itu dalam percakapan ringan tanpa mengasumsikan jenis kelamin orang yang suka naksir.

"Jika kita ingin anak kita berbicara secara terbuka dengan kita tentang orientasi seksual mereka, itu tergantung pada kita sejak usia dini untuk tidak membuat asumsi," kata Ravine. "Jadi, jika kita berbicara tentang naksir, kita bisa membicarakannya dengan cara yang netral gender."

Hal yang harus diingat oleh setiap orang tua adalah menerima ketika anak-anak mereka mengajukan pertanyaan tertentu terkait kesehatan seksual dan mereka tidak dapat menjawabnya. Intinya adalah, anak-anak tidak boleh diajari salah atau salah arah tentang topik kesehatan yang serius ini.

Ini bisa sesederhana mengatakan sesuatu yang santai seperti, "Hei, saya merasa seperti kita tidak pernah benar-benar berbicara tentang apa itu vulva. Dan saya menyadari bahwa Anda sekarang 10 dan Anda memiliki vulva dan saya benar-benar ingin memastikan bahwa Anda tahu apa bagian-bagian tubuh itu. Saya mencetak halaman ini. Mari kita lihat bersama-sama, "kata Ravine.

Orang tua juga dapat mengunjungi situs web tertentu untuk diagram anatomi tubuh untuk membuat konsep ini lebih sederhana untuk anak-anak mereka.

Usia 10-12 tahun

Selama ini, Anda telah mengajar anak-anak Anda tentang suatu hubungan, persetujuan, bagian tubuh, dan seksualitas. Sekarang saatnya untuk mendorong batasan Anda dan berbicara kepada mereka tentang hubungan seksual berdasarkan kepribadian atau etika Anda. Pada usia ini, sebagian besar anak-anak terpapar pada media sosial yang sangat seksual dan lebih sering berbicara dengan teman sekolah mereka tentang seks.

Hal ini dapat mengarahkan mereka pada persepsi yang salah tentang seks karena kurangnya informasi. Orang tua harus menjaga pikiran ini dan melakukan percakapan seks dengan anak-anak mereka saat mereka mencapai usia rata-rata 10-12. Jika mereka gagal melakukan hal itu, anak-anak dapat mengandalkan belajar dari video YouTube atau sumber lain yang mungkin membuat mereka mendapatkan pengetahuan yang salah.

Saat berdiskusi, sangat penting bagi orang tua untuk berpikiran terbuka dan berperilaku sebagai pendengar yang baik. Misalnya, orang tua harus menanyakan pemikiran atau pengetahuan mereka tentang seks, pertanyaan tentang perkembangan fisik mereka, atau memahami apa yang telah mereka pelajari tentang seks di kelas kesehatan mereka. Selalu ingat untuk menjaga percakapan tetap positif dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan sehingga mereka ingin membicarakan lebih banyak tentang hal itu dan menghapus semua kesalahpahaman yang berhubungan dengan kesehatan seksual.

Anak-Anak Usia 13 ke Atas

Usia 13 tahun ke atas sangat vital bagi orang tua, terutama dengan anak perempuan. Pada usia ini, orang tua harus memastikan bahwa putrinya memiliki pengetahuan yang memadai tentang hal-hal seperti kebersihan, reproduksi, dan kontrasepsi.

"Kami tahu melalui penelitian bahwa akses ke perawatan kesehatan reproduksi rahasia tidak mengurangi kemungkinan bahwa seorang anak muda akan berbicara dengan orang tua mereka," kata Ravine. "Tapi itu meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan mencari dukungan orang dewasa." Orang tua juga harus berbicara dengan anak-anak mereka tentang risiko seks dan infeksi menular seksual.

"Semakin kita membuka percakapan itu, semakin kuat anak perempuan kita akan tumbuh untuk melindungi hasrat mereka sendiri dan seksualitas mereka sendiri dan keselamatan mereka sendiri dalam hal seks, seksualitas, atau hubungan seksual," kata Swanson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini