Bank Danamon Fasilitasi Pembiayaan Mercedes Benz & Daimler

Bisnis.com,16 Des 2019, 17:00 WIB
Penulis: Maria Elena
Direktur Bank Danamon Yasushi Itagaki yang akan menjabat sebagai Direktur Utama per 1 Oktober 2019./Repro-danamon.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk. menjalin kerja sama dengan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, anak usaha Daimler AG, untuk pemberian fasilitas pembiayaan dealer.

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki mengatakan kerja sama tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan MUFG, selaku pemegang saham pengendali Bank Danamon. Dia menjelaskan MUFG memiliki hubungan yang baik dengan Daimler AG, perusahaan induk yang memiliki basis di Jerman sehingga dapat menghubungkan Bank Danamon dengan kedua anak usaha perusahaan otomotif tersebut.

"Kami bangga dengan kemitraan ini dan merupakan kehormatan bagi kami dapat bekerja sama dengan salah satu perusahaan otomotif terkemuka di dunia. Kemitraan ini merupakan hasil dari kolaborasi efektif dengan pemegang saham pengendali kami, MUFG. Kami yakin kemitraan ini akan memberikan manfaat dan nilai kebih kepada semua pihak," katanya, Senin (16/12/2019).

Direktur Bank Danamon Herry Hikmanto memaparkan, kerja sama tersebut melingkupi area, kendaraan penumpang dan kendaraan komersial, sehingga memungkinkan memenuhi kebutuhan aktivitas pengadaan maupun pembiayaan untuk semua dealer melalui Bank Danamon.

Pada tahap selanjutnya, Bank Danamon akan menjajaki peluang pembiayaan yang lebih luas, yaitu di segmen konsumer, melalui anak usaha perseroan, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk.

Di samping fasilitas pembiayaan, perseroan menyediakan platform sebagai mekanisme transaksional para dealer yang memudahkan dan mempercepat proses pembelian kendaraan.

"Dalam proses pembelian kendaraan, datanya sangat intensif, jadi platform kami siapkan. Bekerja sama dengan dealer memungkinkan proses absording invoice billing lebih mudah dan cepat, sehingga prosesnya juga menjadi lebih baik," jelasnya.

Di samping itu, Herry mengatakan potensi pertumbuhan pembiayaan ke segmen otomotif maupun segmen konsumer memiliki potensi yang besar ke depan, seiring dengan sektor tersebut yang diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan positif kendati saat ini penjualan memang tengah mengalami perlambatan.

Adapun, per September 2019, Bank Danamon mencatat pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 7% secara tahunan menjadi Rp143,6 triliun. Porsi pembiayaan ke sektor otomotif tercatat sekitar 30% dari total kredit perseroan.

Pada kesempatan yang sama, President Director, PT Mercedes Benz Distribution Indonesia Choi Duk-Jun mengatakan Indonesia masih memiliki potensi yang besar untuk penjualan kendaraan. Tahun ini, perseroan menargetkan penjualan sebanyak 35.000 kendaraan dan berharap tahun depan dapat meningkat dua kali lipat.

"Kami yakin, dengan kerja sama ini, mitra dealer Mercedes-Benz kami akan mendapat fasilitas pembiayaan yang lebih efisien untuk operasional bisnis mereka. Oleh karena itu, mitra dealer kami akan dapat melayani konsumen secara lebih baik.

President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia Jung-Woo Park juga menyampaikan pihaknya menyambut baik Bank Danamon menjadi mitra pembiayaan yang terpercaya berdasarkan hubungan erat induk global perseroan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang memastikan kemitraan ini terjadi. Kami yakin mitra dealer yang didukung Bank Danamon bisa memberikan kontribusi yang lebih baik ke pertumbuhan ekonomi Indonesia," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini