Antisipasi Serangan Harimau, Sumsel Siagakan Camera Trap

Bisnis.com,29 Des 2019, 17:49 WIB
Penulis: Dinda Wulandari
Tim Satgas Penanganan Harimau Sumsel melakukan pemasangantrap boxdancamera trap.Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Tim Satuan Tugas penanganan harimau Sumatra Selatan memasang 8 unit camera trap dan 1 unit box trap di sejumlah titik untuk mengantisipasi serangan binatang tersebut.
 
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Panji Tjajanto mengatakan saat ini pemasangan trap box dan camera trap sudah hampir rampung dikerjakan.
 
"Ada 8 camera trap yang kita pasang dan 1 unit box trap di Semendo. Besok, Senin pukul 07.30 akan diadakan rapat koordinasi di Pemkab Muara Enim, dalam upaya penanganan konflik harimau dan manusia ini di Kabupaten Muara Enim," kata Pandji, Minggu (29/12/2019).
 
Menurut Pandji, hal itu dilakukan guna melihat pergerakan harimau yang sudah meresahkan dan mengancam keselamatan manusia tersebut.
 
"Langkah itu sesuai intruksi gubernur Sumsel. Tim Satgas juga terus berkoordinasi dengan masyarakat. Saat ini, antisipasi dan penanganan dilakukan titik-titik yang menjadi prioritas,” ujarnya.
 
Bahkan, dia melanjutkan, antisipasi tersebut akan melibatkan beberapa organisasi nirlaba, yakni FHK, WCS, ZSL. Di mana beberapa NGO tersebut akan memberikan bantuan camera trap sebanyak 55 unit.
 
"Kita juga akan melibatkan beberapa pihak untuk penanggulangannya. Camera trap juga rencananya akan kita tambah yang merupakan bantuan NGO," terangnya.
 
Menurutnya, masuknya harimau itu keperkebunan warga diduga lantaran habitat mereka terganggu. Namun hal itu masih dalam penyelidikan.
 
"Namun bisa jadi juga karena terganggunya rantai makanan, sehingga harimau tersebut keluar dari habitatnya. Kita juga menghimbau agar masyarakat terus menjaga kelestarian lingkungan. Dan jangan sekali-sekali mengganggu habitat hewan," katanya.
 
Diketahui, Pemprov Sumsel sudah membentuk Satgas khusus yang terdiri dari  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Lahat Kementerian LHK, Dishut Prov Sumsel (UPTD KPH Semendo) , dan berkoordinasi dengan Camat  Semende Darat Laut, Kades Muara Dua dan masyarakat untuk mengantisipasi serangan harimau tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini