Penghargaan Golden Globes Tandai 30 Tahun Karir Fim Tom Hanks

Bisnis.com,07 Jan 2020, 09:26 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Tom Hanks/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tom Hanks mendapat penghargaan Golden Globes lifetime achievement untuk menandai 30 tahun karir filmnya di Amerika  Serikat. 

Dilansir dari Reuters, Senin (5/1/2020),  Hanks dihadiahi penghargaan Cecil B. DeMille dan disaat bersamaan dia juga dinominasikan sebagai aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai pembawa acara televisi anak-anak Amerika Serikat “A Beautiful Day in the Neighborhood".

Hanks memulai pidato penerimaannya dengan bercanda tentang tugas pada awal kariernya dalam komedi TV tahun 1970-an "The Love Boat" dan mengatakan bahwa ia menderita pilek yang membuatnya sangat emosional.

Di sisi lain, Hanks berterima kasih kepada istrinya, Rita Wilson, dan kelima anaknya sebelum menyebutkan daftar panjang aktor dan sutradara yang menurutnya telah berkontribusi pada kesuksesan karirnya. 

"Kau bodoh jika tidak mencuri dari semua orang yang pernah bekerja sama denganmu," kata Hanks, seraya menyebut nama-nama, seperti Meryl Streep, Meg Ryan, Denzel Washington, dan Charlize Theron.

Hanks membuat terobosan dalam karir filmnya di "Big" pada tahun 1988 dengan memerankan seorang remaja yang bangun dan menemukan dirinya dalam tubuh seorang dewasa.

Dia kemudian memenangkan Oscar berturut-turut dan Golden Globes pada tahun 1994 dan 1995 untuk perannya dalam drama AIDS "Philadelphia" dan komedi "Forrest Gump."

Selain itu, dia juga dikenal dalam sebagau "America's Dad" berkat pertunjukan di lebih dari 70 film, termasuk komedi romantis "Sleepless in Seattle," film perang "Saving Private Ryan," film aksi "Sully" dan suara koboi yang ramah Woody dalam franchise animasi "Toy Story".

Hanks menghubungkan beberapa keberhasilannya dalam film dengan pelajaran yang didapatkannya saat bekerja di sebuah festival teater Shakespeare.  Saat itu, dia masih menjadi seorang aktor muda.

"Muncul tepat waktu adalah salah satu tindakan pembebasan terbesar yang bisa Anda lakukan dalam film," katanya.

Penghargaan Cecil B. DeMille diberikan setiap tahun oleh penyelenggara Golden Globe, Hollywood Foreign Press Association kepada seorang aktor, sutradara atau produser yang telah membuat dampak abadi pada industri film. Penerima sebelumnya adalah Steven Spielberg, Meryl Streep, Oprah Winfrey, Jeff Bridges dan Harrison Ford.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini