Dugaan Suap Mantan Sekretaris MA Nurhadi, KPK Panggil Direktur FMII untuk Bersaksi

Bisnis.com,08 Jan 2020, 13:17 WIB
Penulis: Ilham Budhiman
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurrachman./Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur PT Fortune Mate Tbk. (FMII) Aprianto Susanto pada Rabu (8/1/2020).

Dia dipanggil terkait dengan kasus dugaan suap dan gratifikasi pada pengurusan perkara di Mahkamah Agung tahun 2011—2016 yang menjerat mantan Sekretaris MA Nurhadi dan dua pihak lainnya sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan [Aprianto] dipanggil sebagai saksi untuk tersangka NHD [Nurhadi]," ujar Plt. Juru bicara KPK Nurhadi, Rabu.

Selain dia, penyidik juga secara bersamaan memanggil Direktur Utama PT Multi Bangun Sarana, Donny Gunawan, yang akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Nurhadi.

Belum diketahui apa keterkaitan antara keduanya dalam perkara ini. Ali mengatakan bahwa hal itu dapat dijelaskan setelah hasil dari pemeriksaan penyidik KPK.

Dalam perkara ini KPK telah menetapkan mantan Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono serta Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto sebagai tersangka.

Nurhadi dan Rezky diduga menerima suap dan gratifikasi dengan total Rp46 miliar terkait pengurusan perkara di MA tahun 2011-2016.

Dalam kasus suap, Nurhadi dan menantunya diduga menerima uang dari dua pengurusan perkara perdata di MA. Pertama, melibatkan PT Multicon Indrajaya Terminal melawan PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero). Kemudian, terkait pengurusan perkara perdata sengketa saham di PT MIT dengan menerima Rp33,1 miliar.

Adapun terkait gratifikasi, tersangka Nurhadi melalui menantunya Rezky dalam rentang Oktober 2014–Agustus 2016 diduga menerima sejumlah uang dengan total sekitar Rp12,9 miliar terkait dengan penanganan perkara sengketa tanah di tingkat kasasi dan PK di MA dan permohonan perwalian.

Ketiga tersangka sudah dicegah ke luar negeri selama 6 bulan ke depan terhitung sejak Kamis 12 Desember 2019.

Dalam perkembangan lain, Nurhadi resmi mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait penetapan status tersangka oleh KPK. 

Nurhadi dan Rezky disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b subsider Pasal 5 ayat (2) subsider Pasal 11 dan/atau Pasal 12B Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara itu Hiendra disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b subsider Pasal 13 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Stefanus Arief Setiaji
Terkini