Montir di Sulsel Rakit Barang Bekas Jadi Pesawat Terbang

Bisnis.com,16 Jan 2020, 18:15 WIB
Penulis: Sitti Hamdana R
Chaerul berfoto di samping pesawat rancangannya

Bisnis.com, MAKASSAR - Chaerul (35), warga Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, berhasil menerbangkan pesawat yang dirakitnya dari barang bekas.

Uji Coba dilakukan di pantai sekitar tempat tinggal Chaerul. Pesawat terbang rendah di atas permukaan laut lalu mendarat di bibir pantai dengan landasan pasir.

Pesawat rakitan pria yang tak tamat Sekolah Dasar (SD) itu sudah empat kali mengalami gagal uji coba hingga akhirnya bisa mengudara.

Menurut Chaerul, pesawatnya bertenaga mesin motor Kawasaki 150 cc. Struktur pesawat terbuat dari beragam bahan bekas, diantaranya roda dari gerobak sorong dan sayap dari cover mobil berbahan parasut.

Chaerul yang juga seorang montir ini menghabiskan biaya sekitar Rp23 juta dalam merancang pesawatnya.

"Untuk mesinnya, membutuhkan biaya sekitar Rp15 juta, sementara untuk badan pesawat, sayap, dan lainnya itu biayanya sekitar Rp8 juta," terang Chaerul, Rabu (15/1/2020).

Chaerul mengatakan, obsesinya yang sejak kecil ingin naik pesawat terbang, akhirnya tercapai dengan menunggangi pesawat dari buatan tangannya sendiri.

Dia yang berhasil merakit dan menerbangkan sendiri pesawatnya mendapat pujian dari Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menurut Andi Sudirman, semangat serta keyakinan Chaerul membuahkan hasil yang patut diapresiasi.

"Kemampuan seseorang tidak diukur dari ijazahnya, dan level pendidikannya," puji Andi Sudirman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini