Siap-siap, Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 Diumumkan Besok

Bisnis.com,20 Jan 2020, 10:36 WIB
Penulis: Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta seluruh instansi penerima calon pegawai negeri sipil agar mengumumkan jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (BKN) pada Selasa (21/1/2020).

Pelaksana Tugas Karo Humas Badan Kepegawaian Negara Paryono mengatakan seluruh instansi diharapkan akan menyampaikan kabar perihal SKD mulai besok.

“Jadi mulai besok itu diharapkan seluruh instansi mengumumkan jadwal tes SKD, serta hal-hal yang berkaitan dengan tes SKD,” katanya kepada Bisnis, Senin (20/1/2020).

Dengan pengumuman tersebut, pelamar akan mengetahui kapan, pukul berapa dan di mana lokasi tes yang ditentukan oleh panitia seleksi.

Adapun, pelaksanaan SKD CPNS tahun anggaran 2019 dijadwalkan berlangsung mulai 27 Januari 2020 - 28 Februari 2020 mendatang. BKN telah menyiapkan sedikitnya 425 titik lokasi tes untuk seleksi tersebut.

Lokasi pelaksanaan SKD untuk instansi pusat dan instansi daerah yang disiapkan BKN terletak di Kantor BKN Pusat, 13 Kantor Regional BKN dan 20 UPT BKN.

Sementara untuk titik lokasi mandiri yang sarana prasarananya dibiayai oleh instansi penyelenggara rekrutmen, per 14 Januari 2020 telah terdata sebanyak 391 titik.

Penentuan lokasi pelaksanaan SKD didasarkan atas pertimbangan memberikan kemudahan bagi peserta dalam menjangkau tempat pelaksanaan seleksi.

Di sisi lain, jumlah instansi yang membuka rekrutmen untuk formasi CPNS TA 2019 sebanyak 521 instansi, dengan rincian 65 instansi pusat dan 456 instansi daerah.

Seluruh instansi yang membuka rekrutmen disebut juga telah melakukan verifikasi akhir seleksi administrasi dengan pelamar berstatus Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 3.364.867 orang.

“Dengan pengumuman tersebut [SKD], pelamar sudah tahu kapan, jam berapa dan dimana dia akan tes,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini