Konten Premium

Infeksi Virus Corona ke Pariwisata Indonesia

Bisnis.com,03 Feb 2020, 16:53 WIB
Penulis: Tim Bisnis Indonesia
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Alat pemindai suhu tubuh tersebut dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar sebagai upaya pengawasan dan antisipasi penyebaran Virus Corona yang mewabah dari Wuhan, China./ANTARA FOTO-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA — "Persentase turis China 12 persen. Kalau total kunjungan wisatawan mancanegara 16 juta, ya kita berpotensi kehilangan 2 juta kunjungan. Cukup besar juga pengurangannya."

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam konferensi pers di kantor BPS, Jakarta, Senin (3/2/2020), menyusul larangan masuk ke Indonesia bagi warga China di tengah meluasnya penyebaran virus corona.

Data BPS menunjukkan dari 16,1 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia sepanjang 2019, sebanyak 2,07 juta di antaranya berasal dari Negeri Panda. Jumlah tersebut menyusut 3,14 persen atau 670.000 kunjungan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini