Gubernur Olly Siapkan Penerbangan Langsung Jepang-Manado

Bisnis.com,03 Feb 2020, 16:43 WIB
Penulis: M. Nurhadi Pratomo
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi

Bisnis.com,MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tengah menyiapkan jalur penerbangan langsung dari Jepang ke Manado untuk menangkap peluang kunjungan wisatawan mancanegara asal Negeri Sakura.

“Lagi disiapkan untuk buka jalur penerbangan dari Jepang langsung,” ujar Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey kepada Bisnis, Senin (3/2/2020).

Lebih lanjut, Dino Gobel, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata menjelaskan bahwa pembukaan penerbangan langsung Jepang—Manado telah dijajaki sejak tahun lalu. Salah satu upaya yang dilakukan lewat lawatan Gubernur Sulut dan kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Negeri Sakura.

“Kerja sama pemerintahan dan swasta Jepang,” jelasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut, secara kumulatif kunjungan wisman ke Bumi Nyiur Melambai sebanyak 129.587 orang pada Januari 2019-Desember 2019. Pencapaian itu naik 6,13 persen dibandingkan dengan 122.100 orang pada Januari 2018-Desember 2018.

BPS Provinsi Sulut mencatat kunjungan wisman Sulut naik didorong pertumbuhan kedatangan turis asal China. Jumlah pelancong Negeri Panda yang datang ke Bumi Nyiur Melambai naik 8,01 persen secara tahunan.

Selain pertumbuhan turis China, Kepala BPS Provinsi Sulut Ateng Hartono mengungkapkan pertumbuhan juga terjadi untuk pelancong asal Jepang. BPS Provinsi Sulut mencatat adanya pertumbuhan 12,87 persen secara tahunan untuk kunjungan wisman asal Negeri Sakura.

Selanjutnya, kenaikan tajam kunjungan terjadi untuk wisman asal Filipina. Pelancong yang datang dari negara itu ke Bumi Nyiur Melambai tumbuh 137,42 persen secara tahunan.

“Ini sejalan dengan pembukan rute penerbangan Manado-Davao,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sutarno
Terkini