Aturan Membawa Obat Medis di Pesawat agar Lolos Pemeriksaan Bandara

Bisnis.com,26 Feb 2020, 12:19 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang bepergian dengan pesawat namun harus membawa obat-obatan medis karena sakit yang Anda derita, harus tetap waspada.

Karena, obat-obatan, termasuk dalam kategori barang yang secara ketat diperiksa oleh pihak sekuriti di bandara manapun, terutama bandara internasional.

Hal itu, karena adanya kekhawatiran penumpang membawa obat-obatan terlarang ke dalam pesawat dan membawanya ke negara lain untuk diselundupkan.

Nah, bagi Anda yang harus bepergian namun harus membawa obat-obatan karena alasan medis, berikut tips yang bisa dilakukan saat melewati pemeriksaan di bandara :

1. Bawa resep dokter

Christopher C. Hollingsworth, MD, seorang ahli bedah umum dan endovaskular yang telah berpraktik di Eropa dan Amerika Serikat, mengatakan tidak mungkin Anda akan dihentikan di bea cukai atau kontrol perbatasan karena Anda membawa persediaan obat lebih dari sebulan. Namun, akan lebih baik jika Anda membawa resep resmi obat tersebut.

2. Simpan Obat dalam Botol Asli

Sekali lagi, walaupun tidak mungkin Anda akan menghadapi masalah apa pun ketika Anda terbang dengan obat-obatan, namun direkomendasikan untuk menyimpan pil Anda dalam botol asli lengkap dengan stiker di bagian depan dengan nama dan nama dokter Anda sebagai tambahan tindakan pencegahan keamanan.

3. Pelajari Undang-Undang Seputar Perjalanan Internasional dengan Obat-obatan

Baca dan pelajari UU dan aturan seputar perjalanan dengan  membawa obat-obatan.  Jika Anda menggunakan obat yang tidak biasa atau yang mengandung narkotika seperti obat penenang, bawa catatan dari dokter Anda yang menjelaskan apa obat itu dan mengapa Anda membutuhkannya.

4. Berhati-hatilah dengan Obat-obatan Herbal

Terbang dengan obat-obatan herbal atau suplemen ke tujuan internasional bisa rumit karena masing-masing negara memiliki undang-undang sendiri tentang apa yang diizinkan masuk. Untuk mengetahui apa yang mungkin dibatasi di negara tempat Anda akan mengunjungi atau transit, lihat situs web kedutaan atau kontak konsulat lokal.

Pastikan obat herbal dan obat-obatan Ayurvedic berada dalam wadah berlabel jelas, tersegel dengan baik, lebih disukai dalam botol asli. Meskipun TSA tidak memerlukannya, mungkin ada baiknya membawa catatan dokter yang menjelaskan penggunaan yang Anda harapkan.

5. Bawa obat dalam tas jinjing Anda

Simpan obat-obatan di dalam bagasi jinjing Anda. Jika bagasi terdaftar Anda hilang, Anda masih akan membawa obat resep. Ingat beberapa ruang kargo tidak dikendalikan oleh suhu, yang dapat mempengaruhi obat-obatan yang peka terhadap suhu.

6. Bawa Obat Ekstra

Bawalah cadangan obat yang Anda butuhkan dan memisahkan botol-botol di antara barang bawaan Anda dan barang pribadi Anda. Mengapa? ini untuk mengatasi masalah penerbangan, semisal koper tertinggal atau hilangnya barang dalam koper.

7. Pertimbangkan Asuransi Perjalanan

Banyak faktor yang memengaruhi apakah Anda harus membeli asuransi perjalanan. Berapa lama Anda akan bepergian? Kemana kamu pergi? Apakah Anda akan bersantai di pantai selama seminggu atau melakukan kegiatan petualangan di hutan hujan? Apakah Anda memiliki kondisi medis berkelanjutan yang mungkin memerlukan perawatan?

Jika Anda memerlukan asuransi kesehatan untuk perjalanan Anda, eksplorasi pilihan Anda sebelum pergi ke luar negeri untuk menentukan kebijakan dan rencana apa yang terbaik untuk Anda.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini