CEO CIMB Group Jadi Menteri Keuangan Malaysia

Bisnis.com,09 Mar 2020, 21:37 WIB
Penulis: Amanda Kusumawardhani
Siaran televisi menayangkan pengangkatan Muhyiddin Yassin sebagai Perdana Menteri kedelapan Malaysia oleh Raja Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (1/3/2020)./Bloomberg-Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menunjuk Zafrul Aziz untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan di tengah tingginya ketidakpastian politik domestik dan melambatnya ekonomi global.

Zafrul Aziz bukanlah orang baru dalam dunia keuangan Malaysia karena sebelumnya dia merupakan Chief Executive Officer CIMB Group Holdings Bhd.

Pasca Mahathir Mohammad lengser dari kursi perdana menteri dan digantikan oleh Muhyiddin Yassin, Zafrul bakal menjadi mengeksekusi rencana pemberian stimulus senilai 20 miliar ringgit (US$4,8 miliar) untuk menangkal penurunan ekonomi lebih dalam akibat virus corona.

“Penunjukan Zafrul, dengan keahlian yang mendalam di sektor perbankan dan bukan karena motif politik, akan dilihat sebagai upaya Perdana Menteri Muhyiddin Yassin untuk memastikan kredibilitas fiskal,” kata Wellian Wiranto, ekonom Oversea-Chinese Banking Corp. di Singapura, dikutip dari Bloomberg, Senin (9/3/2020)

Menurutnya, hal itu diakuinya sebagai langkah positif, meski masih haru dilihat lagi sejauh mana kemampuan Zafrul dapat membalikkan keadaan di tengah penurunan harga minyak dunia.

Ringgit tercatat turun 1 persen menjadi 4,2165 per dolar, mengikuti pelemahan mata uang lainnya di dunia setelah harga minyak dunia terjerembab.

Berikut ini adalah susunan kabinet Muhyiddin Yassin :

 

 

    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Sulistyo Rini
Terkini