Sempat Diisolasi, 2 Warga Sulut Dinyatakan Negatif Corona

Bisnis.com,09 Mar 2020, 14:44 WIB
Penulis: Denis Riantiza Meilanova
Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius. Ilustrasi. /Antara-Septianda Perdana

Bisnis.com, MANADO — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Debie Kalalo memastikan dua pasien dalam pengawasan yang berasal dari Kota Bitung dan Kotamobagu, negatif virus corona atau Covid-19 setelah diuji sampel oleh Laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

“Hasil pemeriksaan laboratorium bagi kedua orang ini adalah negatif,” kata Debie melalui keterangan tertulisnya, Senin (9/3/2020).

Debie menuturkan bahwa saat ini kondisi kesehatan kedua pasien itu telah pulih dan telah dipulangkan dari ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof RD Kandou Manado.

Diberitakan sebelumnya, kedua pasien itu masuk dalam kriteria pasien dalam pengawasan karena gejala yang dideritanya, serta memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit.

Keduanya harus dirawat di ruang isolasi sebagai standar operasional prosedur (SOP) perawatan penyakit menular. Tindakan isolasi dilakukan sebagai bentuk pelayanan publik untuk mencegah penularan penyakit ke masyarakat.

Pasien asal Bitung lebih dulu diisolasi karena sebelumnya pernah bekerja di Malaysia dan muncul gejala panas dan batuk setelah 10 hari pulang.

Sedangkan satu orang asal Kotamobagu diketahui usai melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Makkah dan merasakan gejala serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini