Bukan Zona Merah, Pemkot Cirebon Tetap Tindak Tegas Masyarakat yang Berkerumun

Bisnis.com,24 Mar 2020, 16:02 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Poster sosialisasi penanganan virus corona

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon menyebutkan hingga saat ini wilayah Kota Cirebon bukan sebagai salah satu zona merah penyebaran wabah virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, mengatakan, meskipun tidak berstatus sebagai zona merah, pemerintah terus meningkatkan kewaspadaan dan masyarakat pun diminta untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

"‎Terlebih, dari hari ke hari, penyebaran virus ini semakin mengkhawatirkan," kata Azis di Kota Cirebon, Selasa (24/3/2020).

Pemerintah Kota Cirebon, dalam hal ini terus melakukan tindakan tegas kepada masyarakat untuk melakukan social distancing dan meminta agar tidak berkumpul serta mendatangi tempat-tempat pusat keramaian.

Selain itu, kata Azis, setiap pusat perbelanjaan di Kota Cirebon pun terus dipantau untuk melakukan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan COVID-19.‎ Upaya tersebut sebagai cara melindungi warga dari wabah virus.

‎‎‎"Walaupun terjadi peningkatan, itu kebanyakan pendatang dari luar Kota Cirebon yang saat ini berstatus orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pemantauan (PDP)," katanya.‎

Kepala Satpol PP Kota Cirebon, Andi Armawan, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penyisiran di sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Cirebon. ‎

Bila ditemukan, apalagi tidak mengenakan pelindung diri, Satpol PP akan langsung membubarkan kerumunan tersebut.

"Harus tetap ‎berada di rumah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan melakukan social distancing di tempat-tempat umum jika terpaksa keluar rumah," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini