Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Rusia, Indonesia Tak Berpotensi Tsunami

Bisnis.com,25 Mar 2020, 12:18 WIB
Penulis: Saeno
Gempa tektonik dengan kekuatan M 7,6 dilaporkan mengguncang Kepulauan Kuril, Rusia.Gempa terjadi padaRabu (25/3/2020) pukul 09.49.14 WIB./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa tektonik dengan kekuatan M 7,6 dilaporkan mengguncang Kepulauan Kuril, Rusia. Gempa terjadi pada Rabu (25/3/2020) pukul 09.49.14 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Rahmat Triyono menyampakan sejumlah penjelasan.

Rahmat menyebutkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki parameter dengan magnitudo M=7,6. "Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 48,95 LU dan 157,53 BT, atau tepatnya berlokasi di laut (Samudra Pasifik) pada jarak 198 km arah Tenggara Kepulauan Kuril, Rusia, pada kedalaman 49 km."

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, BMKG menilai gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng pada Palung Kurile-Kamchatka (Kurile-Kamchatka Trench). "Analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini dipicu oleh adanya penyesaran naik (thrust fault)," ujar Rahmat dalam keterangan resmi BMKG, Rabu (25/3/2020).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kepulauan Kuril dan sekitarnya pada skala intensitas V MMI. Skala ini menjelaskan bahwa guncangan gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, barang yang tergantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang,* ujar BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini