Dampak COVID-19, Daftar Produsen Mobil Global Pemberi Insentif Pelanggan

Oleh:
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)

Bisnis.com, JAKARTA - Wabah virus corona atau Covid-19 telah membuat produsen mobil untuk bergerak menawarkan bantuan kepada pekerja dan pelanggan melalui beragam insentif.

Dilansir dari Cnet Roadshow, Selasa (31/3/2020), berikut daftar pabrikan mobil yang telah meluncurkan manfaat baru untuk meringankan kesulitan finansial publik.

Hyundai

Merek Korea Selatan ini pertama kali meluncurkan bantuan keuangan ketika pandemi Covid-19 mulai menyapu Amerika Serikat (AS) pada 16 Maret. Alhasil, Hyundai menghidupkan kembali program Assurance Job Loss Protection, yang pertama kali muncul saat krisis keuangan 2008.

Untuk pelanggan yang membeli atau menyewa kendaraan mulai 14 Maret, perusahaan akan membayar hingga enam mobil untuk pelanggan. Selain itu, melalui badan pinjaman Hyundai Capital, perusahaan bakal menunda pembayaran selama 90 hari atas permintaan pelanggan. Program ini akan berlaku hingga 30 April.

Genesis

Merek mobil mewah dari Hyundai, Genesis, menjamin bahwa semua pemilih merek mobil tersebut menerima perlindungan di bawah program Assurance Job Loss Protection sejak 28 Maret.

Genesis juga menanggung pembayaran selama tiga bulan kepada pemilik yang merasakan dampak dari pandemi virus corona.

General Motors

General Motors (GM) yang menampung merek-merek Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac, tidak hanya memberikan bantuan keuangan kepada pelanggan, tetapi juga akan memberikan cara agar mereka tetap terhubung.

Semua pelanggan GM juga memiliki opsi untuk menghubungi GM Financial guna membahas opsi yang disesuaikan dengan situasi mereka. GM Financial turut memberikan bantuan bagi siapa pun yang merasakan dampak wabah corona.

Untuk pelanggan yang benar-benar perlu membeli kendaraan baru di tengah pandemi, GM akan membiayai pelanggan dengan bunga 0 persen pada April selama 84 bulan.

Pembuat mobil itu juga mengaktifkan OnStar bagi pemilik kendaraan untuk membantu dalam situasi darurat, sehingga layanan itu dapat memberikan rute terbaik ke rumah sakit atau klinik. Layanan penasihat ini tersedia 24 jam.

Ford

Pabrikan asal AS ini meluncurkan program Built to Lend a Hand. Program tersebut berlaku untuk mereka yang siap membeli kendaraan model tahun 2019 atau 2020 dari Ford dan akan menyediakan pembayaran hingga enam bulan.

Nissan

Produsen mobil Jepang akan menawarkan solusi pribadi kepada pelanggan yang merasakan dampak wabah corona. Menurut perusahaan, pelanggan dapat menghubungi saluran layanan dan meminta pinjaman yang ditangguhkan dan pembayaran sewa. Nissan akan mengevaluasi situasi setiap pelanggan secara berbeda.

Infiniti

Merek mewah Nissan ini juga menawarkan bantuan keuangan berdasarkan kasus per kasus. Infiniti Financial Services menerima permintaan bantuan melalui email atau melalui telepon. Opsi serupa juga berfungsi untuk menunda pembayaran pinjaman atau sewa.

Kia Motor

Pada 25 Maret, Kia mengumumkan bahwa pemilik dengan tingkat bunga 0 persen bisa menunda pembayaran hingga 120 hari. Bagi mereka yang tidak memiliki opsi pinjaman, tiga penundaan perorangan selama 30 hari dapat dilakukan.

Namun, hal itu akan hanya berlaku ketika mereka untuk sementara waktu tidak dapat bekerja karena harus menyediakan perawatan untuk diri sendiri atau anggota rumah tangga mereka.

Produsen Lain

Mereka yang memiliki pinjaman dan sewa melalui badan pinjaman mobil masih dapat menemukan bantuan meskipun memiliki program formal. Honda, Maserati, Toyota, Lexus, dan Fiat Chrysler Automobiles, masing-masing menyebutkan ekstensi pembayaran potensial serta pembayaran yang ditangguhkan dan solusi lainnya.

Editor: Fatkhul Maskur

Berita Lainnya: