Konten Premium

Ramai di Dunia Maya, Negara +62 Bisa Enggak ya Cari Peredaran COVID-19 Pakai Teknologi?

Bisnis.com,06 Apr 2020, 17:44 WIB
Penulis: Duwi Setiya Ariyanti
Warga berjalan melintasi Pasar Tanah Abang yang tutup di Jakarta, Senin (6/4/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang penutupan sementara Pasar Tanah Abang hingga Senin (19/4) sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA—Indonesia menjadi salah satu negara terpadat tak hanya di dunia nyata melainkan di dunia maya. Namun, apakah kekuatan digital ini bisa membantu penelusuran peredaran COVID-19 di Tanah Air?

Teknologi menjadi salah satu solusi yang diharapkan untuk keluar dari pandemi. Hal itu pernah diungkapkan Co-founder Microsoft, Bill Gates dalam presentasinya di platform Ted Talks, 5 tahun lalu. Peta untuk menggambarkan pergerakan orang dan memberitahukan sinyal untuk tempat-tempat berisiko tinggi menjadi salah satu solusi yang bisa dicoba untuk menekan angka korban pandemi.

Akhir Maret 2020, Gates juga kembali menekankan bahwa kondisi pandemi kali ini lebih baik daripada pandemi pada 1918 karena teknologi bisa membantu penyelesaiannya sehingga pandemi tak perlu berakhir dengan jutaan jiwa yang tewas. Pasalnya, diperlukan alat yang pas untuk membuat virus terlihat dan masyarakat sadar dengan keberadaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Terkini