Banjir Promo, Saat Tepat Investor Properti Bersiap Menangguk Untung

Bisnis.com,08 Apr 2020, 16:37 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Ilustrasi pembangunan perumahan mewah./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli properti terutama residensial lantaran pengembang ramai-ramai memberikan promo besar-besaran di tengah kondisi pasar yang lesu akibat pabdemi virus corona baru COVID-19.

CEO  Indonesia Property Watch Ali Tranganda mengemukakan pembeli hunian terutama investor akan menangguk keuntungan di pasar sekunder apabila sekarang membeli properti sebagai sarana investasi.

“Pengembang ramai-ramai memberikan promo termasuk diskon. Jika investor membelinya sekarang, begitu corona selesai, harga langsung naik dan mereka akan langsung menikmati keuntungan,” tuturnya kepada Bisnis di Jakarta pada Rabu (8/4/2020).

Ali menjelaskan pengembang mengantisipasi kondisi pasar yang muram akibat pandemi corona dengan menawarkan promo besar-besaran seperti bonus, cash back, memperpanjang cicilan uang muka, sampai diskon hingga 20 persen bahkan lebih.

Tujuan promo besar-besaran  termasuk diskon itu, lanjutnya, dimaksudkan pengembang untuk menyelamatkan arus kas mereka. “Kalau tidak begitu, cash flow pe ngembang tertancam han ya mampu bertahan 3 bulan. Itu untuk pengembang kelas menengah,  kalau pengembang kecil, lebih cepat lagi.”

Meski menyodorkan serentetan promo, menurut Ali, belum tentu pembeli akan langsung datang sebab kebanyakan masyarakat tengah disibukkan dengan upaya melindungi diri dari serangan virus corona.

Namun, bagi konsumen terutama investor properti yang cermat, mestinya mereka justru memanfaatkan momen ini untuk menangguk untung hanya dalam hitungan beberapa bulan ke depan.

“Diskon yang cukup besar dapat memengaruhi pengambilan keputusan konsumen, khususnya bagi konsumen yang sudah tahu proyeknya dan memang hendak membeli. Momen ini menjadikan peluang bagi investor untuk mendapatkan gain,” kata Ali.

Dalam catatan Bisnis, sejumlah pengembang memang menawarkan promo yang cukup menggiurkan. PT Modernland Realty Tbk. misalnya, meluncurkan promo diskon langsung kavling siap bangun hingga Rp800 juta untuk proyek township Jakarta Garden City.

Ada pula diskon sebesar 15 persen untuk rumah siap huni di salah satu klaster di kota mandiri seluas 370 hektare di Cakung, Jakarta Timur, tersebut.

Sementara itu, Sinar Mas Land meluncurkan promo melalui program berskala nasional Move in Quickly, yang memberikan keringanan pembayaran sehingga konsumen dapat memiliki rumah siap huni. Promo tersebut berlangsung hingga akhir 2020.

Produk menarik yang bisa dipilih dalam promo ini mencakup rumah, ruko, kios, dan apartemen di beberapa proyek yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, Batam, serta Balikpapan.

Pada perkembangan lain, Paramount Land menebar promo yang khusus berlaku bulan ini pembelian produk residensial dan komersial di proyek township Gading Serpong, Tangerang, Provinsi Banten.

Promo berlaku pada produk-produk residensial Granada Alicante Village yang mulai dijual sekitar Rp3 miliar, Granada Menaggio Village dimulai Rp2,4 miliar, dan produk Corral.

Promo tersebut berupa cara bayar antara lain supercash mendapat potongan harga spesial jika melunasi dalam 7 hari, harga tunai keras sama dengan harga KPR DP 5% dan 15%, harga spesial untuk KPR DP 5% dan 15%, serta harga spesial untuk tunai bertahap 12 kali tanpa DP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini