Kampanye #dirumahaja, Kemendikbud Rangkul Pekerja Seni Hibur Masyarakat Secara Daring

Bisnis.com,09 Apr 2020, 13:55 WIB
Penulis: Devi Sri Mulyani
Pertunjukan daring di akun youtube Budayasaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pertunjukkan seni, kini tak harus ditampilkan dan ditonton langsung di gedung-gedung pertunjukkan. Kemajuan teknologi memungkinkan pertunjukan seni ditampilkan media sosial dan dinikmati penonon daru rumahnya masing-masing. 

Direktorat Kebudayaan Kemendikbud pun merangkul para pekerja seni dan pelaku budaya untuk membuat sebuah petunjukkan dari rumahnya masing-masing. Dengan begitu masyarakat yang sedang menjalani aturan #dirumahaja tidak terperangkap dalam situasi membosankan.

Para pekerja seni dan pelaku budaya dapat menghibur masyarakat melalui pertunjukkan mereka yang ditampilkan secara daring.

Pertunjukkan daring atau online tersebtu dapat disaksikan melalui akun youtube Budayasaya yang merupkan akun resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.

Melalui akun tersebut masyarakat bisa menyaksikan aktivitas serta pertunjukan para pekerja seni dan budaya tanah air, ujar keterangan resmi Ditjen Kebudayaan yang diterima Bisnis, Kamis (9/3/2020),

Mulai pekan depan, para pekerja seni dan pelaku budaya akan menggelar pertunjukan langsung dari rumah mereka masing-masing.

“Diharapkan dengan adanya wadah kreatif #bahagiadirumah akan memberikan kesempatan pekerja budaya yang banyak mengalami penundaan pekerjaan, karena harus tetap berada di rumah selama masa darurat Covid-19, bisa tetap berkarya, sekaligus masyarakat mendapatkan manfaat dalam memgisi waktu saat mereka harus berada di rumah,” ujar keterangan resmi Ditjen Kebudayaan Kemendikbud.

Selain pertunjukkan, akan ada pembelajaran mengenai banyak cabang seni di antaranya master class dari seni tari, melukis, bermusik sampai memproduksi film.

Diharapkan dengan adanya program tersebut masyarakat bisa betah dirumah.

Hari ini, misalnya, program Budayasaya akan menampilkan kelas sketsa menciptakan karakter komik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini