Kiat Berhenti Merokok Pada Saat Pandemi

Bisnis.com,13 Apr 2020, 16:37 WIB
Penulis: Krizia Putri Kinanti
Merokok/boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda seorang perokok dalam karantina mandiri, maka tidak ada waktu yang lebih baik untuk berhenti dari kebiasaan itu.

Kita tahu bahwa risiko menderita penyakit paru-paru akibat virus Covid-19 lebih tinggi jika Anda merokok. Tetapi jika Anda berhenti sekarang, pertahanan paru-paru Anda akan mulai pulih dan Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk melawan virus.

Tidak peduli berapa lama Anda merokok, sejak Anda berhenti merokok, tubuh Anda mulai sembuh sendiri. Berhenti sementara dalam isolasi diri terutama, tidak akan mudah dan Anda mungkin tidak memiliki akses ke terapi pengganti nikotin seperti patch atau permen karet.

Untuk membantu mendukung Anda dalam perjalanan berhenti merokok Anda,dikutip dari www.ash.wales, ini dia beberapa tips tentang cara mengatasi mengidam rokok sementara dalam karantina mandiri.

1.Telepon teman

Dukungan dan dorongan teman dan keluarga dapat menjadi perbedaan antara berhenti merokok untuk selamanya. Berkat teknologi modern kita semua dapat tetap berhubungan dengan orang yang kita cintai bahkan dalam masa karantina. Beri tahu keluarga dan teman-teman bahwa Anda berencana berhenti merokok dan tanyakan apakah mereka akan memberikan penghiburan atau mengangkat telfon ketika Anda merasa rendah diri saat dibutuhkan.

Satu ide bisa jadi untuk membuat grup Whatsapp atau Facebook dengan teman dan keluarga yang bisa menjadi teman Anda yang berhenti merokok, memeriksa kemajuan Anda dan memotivasi Anda untuk terus maju. Adalah kepentingan mereka bagi Anda untuk berhenti merokok dan meningkatkan kesehatan Anda sehingga mereka ingin bergabung.

Mungkin ada anggota lain dari keluarga Anda atau lingkaran sosial yang juga sekarang berencana untuk berhenti. Jika demikian bergabunglah dan putuskan untuk memulai perjalanan bersama.

2.Berolahraga

Olahraga telah terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi keinginan untuk rokok dan berhenti merokok untuk selamanya.

Hal ini bertindak baik sebagai pengalih perhatian dan penambah suasana hati, melepaskan endorfin yang dapat membantu berhenti merokok.

Selama wabah Covid-19 itu tidak selalu mudah untuk berolahraga di luar ruangan. Namun, ada banyak cara untuk tetap aktif di dalam ruangan. YouTube menawarkan banyak pilihan video latihan online mulai dari yoga dan Pilates hingga kebugaran yang cepat termasuk sesi live.

3.Ubah rutinitas Anda

Ketika merokok adalah bagian dari rutinitas harian Anda, otak Anda mengasosiasikan waktu-waktu tertentu dalam sehari memicu keinginan nikotin.

Misalnya, Anda selalu merokok setelah secangkir kopi pertama di pagi hari, atau di luar melalui pintu belakang setelah makan malam.Penting untuk memutus siklus mengidam dengan mengubah rutinitas harian Anda dan mengurangi pemicu yang memberi tahu otak Anda bahwa Anda menginginkan rokok.

Terkunci atau isolasi diri, ketika kehidupan seperti yang Anda tahu benar-benar berubah, memberikan kesempatan untuk mengubah rutinitas harian Anda menjadi sesuatu yang tidak termasuk merokok.

4.Alihkan perhatian Anda

Tetap sibuk sangat penting dalam hal berhenti merokok. Anda mungkin bekerja dari rumah yang akan mengalihkan perhatian.Apapun yang membuat tangan Anda sibuk sangat membantu - karena dapat menggantikan kebiasaan merokok dari kebiasaan tangan ke mulut.

Jika Anda menikmati rajutan, berkebun atau memasak, bermain game online atau puzzle, itu adalah cara yang bagus untuk mengalihkan perhatian Anda dari pemikiran tentang rokok. Atau, mengapa tidak mencoba hobi baru, idealnya yang tidak mengharuskan Anda meninggalkan rumah untuk membeli peralatan apa pun. Mempelajari bahasa baru melalui YouTube atau menggunakan aplikasi Duolingo semacam itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat otak Anda sibuk dan terganggu selama masa karantina ini.

5.Bernafaslah

Berhenti merokok sangat membuat stres pada saat-saat terbaik, apalagi saat mengasingkan diri atau lockdown. Anda mungkin merasa cemas saat Anda sangat membutuhkan pelega seperti nikotin, terutama jika Anda adalah seseorang yang biasanya merokok untuk mengurangi stres.

Untuk melawan perasaan itu dan menahan keinginan untuk meraih rokok Anda, sangat penting untuk menemukan cara lain untuk bersantai. Latihan pernapasan sangat membantu - cobalah teknik 4-7-8, tarik napas melalui hidung ke hitungan 4, tahan napas selama 7 detik, lalu tarik napas melalui mulut ke hitungan 8. Atau cukup tarik napas melalui hidung. menghitung dari 1 hingga 5 lalu menghembuskan napas keluar melalui mulut ke hitungan 5 lagi.

Atau ikuti sesi pernapasan atau meditasi yang dipandu di YouTube atau cobalah sedikit yoga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini