Pemkab Majalengka Galang Donasi untuk Penuhi Sejuta Masker Gratis

Bisnis.com,13 Apr 2020, 20:46 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi/Bloomberg

Bisnis.com, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat menggalang dana pengadaan sejuta masker untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kami mengajak eksekutif, legislatif, pengusaha, BUMD, perusahaan, OKP, LSM, ormas dan komponen masyarakat lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan sejuta masker," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi di Majalengka, Senin (13/4/2020).

Karna menuturkan penggalangan donasi ini difokuskan pada pengadaan masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat agar bahu-membahu menyisihkan sebagian rezekinya untuk membeli atau membuat masker.

Menurut dia, APBD Majalengka yang saat ini sudah dianggarkan untuk pengadaan masker, tidak akan mencukupi jika diperuntukkan bagi seluruh masyarakat dari mulai warga kota hingga di pelosok pedesaan.

"Gerakan sejuta masker ini untuk meringankan beban warga yang belum memiliki masker atau kesulitan mendapatkannya," ujarnya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka Agus Permana mengatakan saat ini pihaknya sedang menyalurkan 1.000 masker untuk 26 kecamatan.

Meski ada bantuan dari pemerintah daerah diakuinya hal itu tidak akan mencukupi tanpa adanya gotong royong dari semua unsur masyarakat.

"Saat ini kita bagikan 1.000 masker untuk 26 kecamatan. Anggarannya bersumber dari APBD Majalengka," katanya.

Menurut dia, Pemkab Majalengka sangat mendorong masyarakatnya untuk mengenakan masker di tengah pandemi COVID-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini