Ketua Umum PB IDI Minta Masyarakat yang Jalani Isolasi Mandiri Bersabar

Bisnis.com,16 Apr 2020, 15:59 WIB
Penulis: Nyoman Ary Wahyudi
Ketua Umum PB IDI dr Daeng M Faqih meminta masyarakat yang menjalani isolasi mandiri agar bersabar dan mengikuti arahan./youtube-BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M. Faqih meminta warga yang menjalani isolasi mandiri untuk bersabar dan mengikuti arahan yang diberikan.

Faqih menyebutkan bahwa perkembangan terakhir jumlah pasien yang positif Covid-19 berada di atas 5 ribu kasus. Sementara itu pertambahan setiap hari mencapai 300 kasus.

Dengan fakta itu, Faqih menyebutkan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan maupun dirawat di rumah sakit darurat bertambah.

"Demikian juga bagi saudara-saudara kita yang tidak diisolasi di rumah sakit untuk dirawaat tetapi isolasi di rumah," ujar Faqih.

Faqih menyebutkan dengan pertambahan kasus setiap hari maka yang harus menjalani isolasi mandiri pun semakin bertambah.

"Oleh karena itu kami sampaikan kepada kawan-kawan yang melakukan isolasi mandiri di rumah pertama mohon kesabaranhya untuk patuhi apa yang sudah diminta oleh pemerintah dan petugas kesehatan, untuk terlebih dahulu diam di rumah, menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, menjaga stamina yang baik di rumah," ujar Faqih.

Ditambahkan Faqih, masyarakat yang menjalani isolasi di rumah tidak perlu khawatir. Petugas kesehatan dan pemerintah tetap memonitor, mengawasi dan melakukan observasi. "Sehingga apa yang diperlukan tetap bisa berhubungan dengan petugas kesehatan BNPB dan Kemenkes."

Disebutkan Faqih bahwa kerja sama dengan hampir semua platform telemedis telah dilakukan. Platform dimaksud menyediakan konsultasi jarak jauh.

"Hal itu sangat penting dimanfaatkan oleh yang melakukan isolasi mandiri di rumah, untuk melakukan secara lebih dekat lagi dengan petugas kesehatan baik konsultasi atau menerima pesan2 yang harus dilakukan selama berada di rumah atau intruksi kapan lakukan pemeriksaan dan lain." ujar Faqih.

Faqih memastikan petugas dari IDI juga petugas yang lain siap melayani dan memberikan advis serta  konsultasi. Melalui petugas, masyarakat yang menjalani isolasi mandiri dapat berkonsultasi jika memerlukan petunjuk-petunjuk cara yang baik menjaga kesehtan juga mencari pertolongan untuk pemeriksaan lanjutan dan melihat perkembangan penyakit.

Faqih menyebutkan IDI sangat mendukung langkah yang sudah dilakukan pemerintah.

Faqih menutup penyataannya dengan kembali mengingatkan kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri agar tetap berada di rumah. "Jangan khawatir untuk meminta konsultasi, advis lewat platform telemedis yang sudah bekerja sama dengan pemerintah," ujar Faqih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini