Konten Premium

Historia Bisnis: Kisah Emas Busang dan Skandal David Walsh

Bisnis.com,16 Apr 2020, 12:34 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Ilustrasi - Foto udara area bekas tambang emas ilegal di kawasan hutan lindung Ulu Masen antara Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Selasa (18/2/2020)./ANTARA FOTO-Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA- Nama David G Walsh, Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Bre-X Minerals Ltd pernah menjadi buah bibir yang menghebohkan di tanah air hingga Kanada. Publikasi yang mereka rilis mengenai temuan tambang emas berlimpah di Busang, Muara Atan, Kalimantan Timur, pada awal 1990-an, tak henti-hentinya menjadi bahan perbincangan. Bahkan kini, membaca kembali kisahnya membuat hati berdegup.  

Walsh pernah bermimpi suatu hari jadi orang yang penting. Busang menuntunnya ke arah itu. Koran Bisnis Indonesia edisi 4 April 1997 menulis, predikat Mining of The Year pernah disandang Walsh karena temuannya yang mengguncang dari Busang. Dia berpeluang menjadi raja emas dunia. Hingga akhir 1996, kekayaannya melambung mencapai US$500 juta.  

Bagi mereka yang mengenal Wlash dari masa-masa sulitnya yakni 1980 sampai 1990-an, Walsh bukanlah sosok yang istimewa. Ia tak ubahnya seperti pelaku bursa lainnya. Tidak ada yang terlalu menonjol. Walsh banyak menghabiskan waktu minum bir di warung minuman remang-remang di jalan Calgary.  Ia, lelaki yang bermimpi suatu hari menjadi orang penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini