Gara-Gara Virus Corona, Lo Kheng Hong Jemur Koran hingga 5 Jam

Bisnis.com,17 Apr 2020, 08:43 WIB
Penulis: Hendri Tri Widi Asworo
Investor saham yang dijuluki Warren Buffet Indonesia Lo Kheng Hong memaparkan materinya pada acara Mega Talkshow Investasi 2020 di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/3/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Investor saham yang mendapat julukan Warren Buffet Indonesia, Lo Kheng Hong, tiap hari melakukan aktivitas yang tidak biasa sejak wabah corona atau Covid-19 melanda negeri ini. Apakah itu?

Lo Kheng Hong tiap hari menjemur koran terlebih dulu sebelum dibaca. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi ada virus corona yang menempel di koran.

"Tiap pagi tidak bisa [langsung] baca koran, karena harus dijemur dulu, takut covid," tulis Lo Kheng Hong dalam pesan singkat, Kamis (17/4/2020).

Saat ditanya berapa lama menjemur koran, dia menyampaikan bisa sampai 5 jam. "Dari jam 08.00, ketika matahari terbit. Tadi sampai pukul 13.00," ujarnya saat dihubungi. 

Koran yang dijemur oleh Lo Kheng Hong sebelum dibaca setiap hari./istimewa

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Indonesia sebelumnya sempat menyebutkan bahwa koran yang telah disentuh oleh orang positif corona mungkin saja terkontaminasi virus. Virus Covid-19 tersebut bisa bertahan di permukaan koran hanya beberapa waktu.

Akan tetapi, WHO mengatakan risiko seseorang terinfeksi virus Covid-19 dari koran masih tergolong rendah. Pasalnya, tingkat risiko ini tergantung pada beberapa faktor, misalnya, apabila seseorang yang menyetuh koran telah terpapar banyak virus.

Selain itu, faktor lamanya virus bertahan di permukaaan koran serta kondisi lingkungannya. Oleh sebab itu, memegang koran bukan satu-satunya media yang bisa menularkan Covid-19 antar manusia.

Menurut ahli kesehatan, penularan virus corona bisa dihindari dengan tidak memegang area wajah, khususnya hidung, mulut, dan mata, sebelum mencuci tangan pakai sabun atau memakai hand sanitizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini