Terdampak Covid-19, Penjualan Mobil Baru di Eropa Maret Anjlok 51,8%

Bisnis.com,19 Apr 2020, 12:00 WIB
Penulis: Newswire
Mobil Vauxhall diangkut menggunakan truk di Luton, Inggris 6 Maret 2017. REUTERS

Bisnis.com, BERLIN - Asosiasi Industri Otomotif Eropa (ACEA) menyatakan penjualan mobil penumpang turun lebih dari 50% di pasar-pasar utama Eropa pada Maret karena penguncian yang diberlakukan karena coronavirus baru.

Pada Maret, registrasi mobil baru turun 51,8% menjadi 853.077 kendaraan di negara-negara Uni Eropa, Inggris, dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA).

Penjualan turun di semua pasar UE, dengan Italia - yang sangat terpukul oleh pandemi - melaporkan penurunan terbesar 85,4%, sementara pendaftaran turun 37,7% di Jerman, 72,2% di Prancis dan 69,3% di Spanyol. Penjualan Volkswagen Group turun 43,6%, sementara Renault, dan PSA Group masing-masing mencatat penurunan 63,7% dan 66,9%.

Penjualan mobil BMW, yang merupakan salah satu dari sedikit pembuat mobil yang melaporkan peningkatan penjualan Eropa pada bulan-bulan sebelumnya, turun 39,7%, sementara permintaan untuk saingannya Daimler menurun 40,6%.

Penurunan registrasi terjadi karena mayoritas dealer mobil di Eropa ditutup selama paruh kedua Maret sebagai bagian dari langkah-langkah untuk mengatasi pandemi.

Pada Kamis, Volkswagen menarik pedoman 2020 karena ketidakpastian terkait dengan wabah koronavirus baru yang menyebabkan laba operasi turun 81% pada kuartal pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini