RSUD Kota Tangerang Hanya Layani Pasien Corona

Bisnis.com,21 Apr 2020, 21:12 WIB
Penulis: Newswire
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19./Antara

Bisnis.com, TANGERANG – RSUD Kota Tangerang, Provinsi Banten, mulai Senin (20/4/2020) tidak melayani pasien umum untuk memaksimalkan penanganan pasien virus corona Covid-19.

Kebijakan itu merujuk instruksi Wali Kota Tangerang No. 5/2020 tentang Penunjukan RSUD Kota Tangerang sebagai rumah sakit yang menangani Covid-19 di wilayah kota tersebut.

"Upaya ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan dalam upaya penanganan wabah Covid-19 serta mengantisipasi agar tidak terjadi penularan kepada pasien rawat inap biasa atau rawat jalan yang sedang berobat," kata Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, Henny Herlina, pada Selasa (21/4/2020).

Dia mengemukakan kebijakan itu merupakan upaya memaksimalkan dan memprioritaskan pelayanan rawat inap untuk para pasien Covid-19 rujukan dari puskesmas atau rumah sakit lain.

Henny menuturkan untuk sementara masyarakat bisa menggunakan pelayanan puskesmas dan fasilitas kesehatan lain.

Dia berharap dengan keputusan ini, penanganan Covid-19 di RSUD Kota Tangerang lebih optimal. Seluruh tenaga medis pun dapat bekerja tanpa rasa khawatir terjadinya penularan virus ke pasien rawat biasa atau keluarga pasien yang datang ke rumah sakit tersebut.

Sementara itu, Humas RSUD Kota Tangerang Tintin Supriatin menerangkan untuk pasien yang berobat atau dirawat di RSUD akan diarahkan ke fasilitas kesehatan lain yang bekerja sama dengan BPJS.

“Untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSUD Kota Tangerang, akan ditunggu hingga benar-benar sembuh dan dinyatakan boleh pulang oleh dokter,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pasien baru yang dirawat di RSUD Kota Tangerang disarankan untuk sementara dirawat di rumah sakit lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini