Implementasi PSBB, IDI Nilai Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

Bisnis.com,22 Apr 2020, 18:13 WIB
Penulis: Nyoman Ary Wahyudi
nKetua Umum PB IDI dr Daeng M Faqih saat diwawancarai awak media massa di Jakarta, Kamis (13/2/2020). /Antarann

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih meminta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah masyarakat dapat ditegakkan dengan lebih disiplin. Daeng beralasan kesadaran masyarakat belum sepenuhnya cukup untuk menjalankan imbauan pemerintah terkait PSBB.

“Sangat disayangkan jika PSBB ini diserahkan sepenuhnya ke masyarakat yang kesadarannya belum begitu tinggi saat ini,” kata dia saat memberi keterangan di dalam diskusi virtual Satu Asa Lawan Covid-19 Lembaga Survei Kedai Kopi, Jakarta, pada Rabu (22/4/2020).

Dia mengatakan penerapan PSBB mesti didisplinkan dengan lebih tegas ketimbang menyerahkan semuanya kepada masyarakat. Dia beralasan sebaran kasus Covid-19 di tengah masyarakat sudah terbilang cukup tinggi.

“Angka ODP itu sudah di atas 180 ribu, angka PDP di atas 16 ribu kalo saya jumlah sekarang ini sudah 200 ribu, belum lagi yang OTG, yang katanya 43 persen dari kasus positif. Yang sudah diperiksa PCR 50 ribu spesimen tetapi yang terperiksa baru 46 ribu spesimen,”ujarnya.

Pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 283 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 7.418 kasus. 

Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan data tersebut diperoleh hingga siang ini, Rabu (22/4/2020).

Menurutnya, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR).

"Maka, total pasien yang positif kini yang telah terkonfirmasi menjadi 7.418 kasus," jelas Yuri, sapaan Yurianto, dalam konferensi pers, Rabu (22/4/2020).

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 18 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 635 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia

Di sisi lain, ada sebanyak 71 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 913 pasien yang telah sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini